Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 22 Sep 2019 13:35 WIB

Lipsus Perias Jenazah

Mau Jadi Perias Jenazah Butuh Modal Berapa?

Danang Sugianto - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Dok Pribadi Elsa Dok Pribadi Elsa
Jakarta - Perias wajah adalah profesi yang jarang sekali peminatnya. Padahal jika ditekuni, profesi ini bisa menghasilkan uang. Ditambah untuk melakoni profesi ini modal yang dikeluarkan tidak begitu besar.

detikcom beberapa waktu lalu sempat berbincang dengan Gloria Elsa Hutasoit, si perias jenazah yang sudah sering muncul di berbagai media, dari online hingga televisi. Dia dikenal sebagai perias jenazah yang bernazar untuk memberikan jasanya secara gratis.

Menurutnya modal untuk menjadi perias jenazah hanya 1 set peralatan makeup lengkap. Mulai dari alas bedak, concealer, bedak, blush on, eyeshadow, lipstick dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari beberapa e-commerce, 1 set peralatan makeup berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung mereknya. Nah merek juga menjadi faktor untuk menentukan harga dari jasa merias mayat.

"Tarifnya itu per kepala sekitar Rp 500 ribu-Rp 1,5 juta, tergantung rumah duka atau rumah sakitnya. Kalau yang bagus bisa Rp 1,5-3 juta, ada juga sampai Rp 5 juta yang pakai branded. Tapi ada juga yang sampai belasan juta itu pakai brand yang high end," terangnya.

Selain 1 set peralatan makeup, ada juga peralatan pendukung seperti lem untuk membuat simpul senyum di bibir jenazah dan menutup luka menganga di jenazah yang mengalami kecelakaan. Belum lagi seperti bulu mata, sisir, dan wig.

(das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com