Mana Lebih Sulit: Rias Jenazah Atau yang Masih Hidup?

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 22 Sep 2019 15:12 WIB
Halaman ke 1 dari 2
1.

Mana Lebih Sulit: Rias Jenazah Atau yang Masih Hidup?

Mana Lebih Sulit: Rias Jenazah Atau yang Masih Hidup?
Foto: Merias Jenazah
Jakarta - Profesi perias jenazah ternyata cukup menjanjikan. Tarifnya sekali merias jenazah berkisar antara Rp 500 ribu hingga belasan juta per kepala. Tergantung dari klien, permintaan, dan produk makeup yang dipakai.

Namun belum tentu mereka para perias profesional bisa merias jenazah. Sebab ada banyak trik yang harus diketahui untuk menjadi perias jenazah.

detikcom beberapa waktu lalu sempat berbincang dengan Gloria Elsa Hutasoit, si perias jenazah yang sudah sering muncul di berbagai media, dari online hingga televisi. Dia dikenal sebagai perias jenazah yang bernazar untuk memberikan jasanya secara gratis.

Elsa yang sudah merias jenazah sejak remaja mengatakan bahwa teknik merias wajah jenazah dengan orang yang masih hidup sama. Namun ada beberapa trik yang harus diketahui.


"Sama aja, tapi yang sulit adalah kita punya waktu cuma 2 jam setelah orang itu meninggal," tuturnya.

Kulit jenazah jika sudah meninggal lebih dari 2 jam biasanya pori-porinya sudah tertutup. Jika jenazah dirias setelah 2 jam maka sama saja seperti merias kaca, akan mudah terhapus. Sementara bagi orang Nasrani, Budha maupun Konghucu, jenazah baru bisa dikebumikan setelah beberapa hari melalui serangkaian acara.

Itu artinya perias jenazah harus siap kapanpun jika ada panggilan job. Sebab kematian manusia tentu tidak bisa dijadwalkan.