Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Sep 2019 12:00 WIB

Kenali 6 Kandidat Terkuat Calon Menteri Pertanian!

Vadhia Lidyana - detikFinance
1 6 Calon Terkuat
Halaman 2 dari 2
Foto: Ilustrasi: Zaki Alfarabi

1. Bayu Krisnamurthi
Pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan di Kabinet Indonesia Bersatu II. Sebelumnya, ia ditunjuk oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Wakil Menteri Pertanian. Pria kelahiran 18 Oktober meraih gelar Sarjana Agribisnis dan Magister Sains di bidang Ekonomi Pertanian di Institut Pertanian Bogor (IPB).

2. Nurdin Abdullah
Saat ini menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan periode 2018-2023. Nurdin juga masih menjabat sebagai Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Pria kelulusan Fakultas Pertanian dan Kehutanan UNHAS ini pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Pertanian APKASI, 2010-2015. Nurdin meraih gelar Master of Agriculture di Kyushu University, dan Doktor of Agriculture di universitas yang sama.

3. Dwi Andreas Santosa
Saat ini menjabat sebagai Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI). Ia juga masih aktif menjabat sebagai dosen di program studi Bioteknologi Tanah dan Lingkungan, dan Guru Besar di Institut Pertanian Bogor (IPB). Ia meraih gelar doktornya di Faculty of Life Sciences, Technische Universitaet. Braunscweig, Jerman.

4. Arif Satria
Saat ini menjabat sebagai Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB). Pria kelahiran 17 September 1971 ini pernah menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (2010-2014), dan Wakil Ketua Umum Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (2009-2011), serta anggota Dewan Kelautan Indonesia (2013-2017). Ia meraih gelar doktor Marine Policy di Kagoshima University, Jepang.

5. Edhy Prabowo
Saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR RI. Pria kelahiran 24 Desember 1971 ini juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra DPR RI. Ia mengawali karirnya sebagai anggota Akabri di Magelang, Jawa Tengah pada tahun 1991. Edhy sebelumnya adalah atlet pencak silat nasional. Selain pernah berjaya di event Pekan Olahraga Nasional (PON), Edhy juga pernah mengikuti kejuaraan tingkat mancanegara.

6. Spudnik Sujono Kamino
Saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Pengawas Perum Bulog dan Tenaga Ahli Menteri Pertanian. Pria kelahiran Mataram, 6 Februari 1958 ini pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Juni 2015-Februari 2018). Ia meraih gelar doktornya di Universitas Brawijaya, Malang pada tahun 2013.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com