Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Sep 2019 18:05 WIB

Dari Pengusaha hingga Bos BUMN, Siapa Paling Cocok Jadi Mendag?

Vadhia Lidyana - detikFinance
1 6 Kandidat Kuat
Halaman 2 dari 2
Foto: Ilustrasi: Zaki Alfarabi

1. Hariyadi Sukamdani
Saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Pria kelahiran 4 Februari 1965 ini juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Hotel Sahid Jaya International Tbk.

2. Muhammad Lutfi
Pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada 14 Februari hingga 20 Oktober 2014. Pria kelahiran 16 Agustus 1969 ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 16 Mei 2005 – 22 Oktober 2009.

3. Rosan Roeslani
Saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan Presiden Komisaris Viva Group. Pria kelahiran Jakarta, 31 Desember 1968 meraih gelar sarjananya atau Bachelor of Arts di Oklahoma State University, Amerika Serikat, dan Master of Business Administration di Antwerpen European University Belgia..

4. Bahlil Lahadalia
Saat ini menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Pria lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Mumbai, Jayapura, Papua ini pernah berprofesi sebagai sopir angkot hingga buka usaha sendiri. Kini ia memiliki tiga perusahaan, PT Bersama Papua Unggul, PT Dwijati Sukses, dan PT Rifa Capital.

5. Erick Thohir
Saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama Mahaka Media. Erick banyak berkiprah di dunia olah raga, ia juga pernah menjabat sebagai Presiden klub sepakbola Inter milan pada tahun 2015 sampai 2018. Kesuksesannya di dunia olah raga membuatnya terpilih sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC).

6. Budi Waseso
Saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Perum Bulog. Pria yang kerap disapa Buwas ini adalah seorang Purnawirawan perwira tinggi Polri yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) (8 September 2015-1 Maret 2018) dan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (KABARESKRIM) Polri (16 Januari 2015-7 September 2015).

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com