Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 24 Sep 2019 09:44 WIB

Gurita Bisnis Gibran yang Kini Kader PDIP: Martabak hingga Es Doger

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Bayu Ardi Isnanto Foto: Bayu Ardi Isnanto
FOKUS BERITA Es Doger Anak Presiden
Jakarta - Putera sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming akhirnya terjun ke dunia politik setelah resmi menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Senin (23/9) kemarin. Keputusannya menjadi kader partai berlogo banteng tersebut sekaligus sebagai langkah awal memuluskan niatannya menjadi bakal calon Wali Kota Surakarta.

"Kedatangan saya juga sekaligus kalau diberikan kesempatan mengambil sekaligus mengisi formulir pencalonan wali kota," kata Gibran saat ditemui di kantor DPC PDIP Surakarta.

Keputusan Gibran menjadi kader PDIP terbilang mengejutkan lantaran di beberapa kesempatan sebelumnya ia kerap mengatakan enggan berpolitik. Gibran bahkan sempat mengatakan kemungkinan dirinya terjun ke dunia politik baru sekitar 20 tahun lagi.

Ayah dari Jan Ethes Srinarendra ini kerap menolak masuk ke dunia politik lantaran sibuk dengan bisnis yang digelutinya. Maklum saja, sejak merintis katering Chili Pari, lulusan Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan University of Technology Insearch, Sydney, Australia tersebut banyak menelurkan bisnis-bisnis baru setiap tahunnya.


Bisnis pertama Gibran dimulai pada Desember 2010 dengan usaha katering Chili Pari. Lima tahun menjalankan usahanya tersebut, Gibran kemudian menikah dengan Selvi Ananda pada 2015.

Berkat kiprahnya di dunia usaha, Gibran pun dipercaya menjadi Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. Gibran juga mendirikan House of Knowledge untuk melatih karyawan-karyawan lepas katering Chilli Pari, khususnya dalam berbahasa Inggris.

Tak berhenti di situ, menggaet sang adik, Kaesang Pangarep, Gibran membuka bisnis baru, yakni Kafe Markobar. Kafe yang menjual aneka martabak itu kini menjamur di berbagai kota di tanah air.

Bisnis Gibran kian bertambah. Setelah katering dan martabak, dia menjajal bisnis baru di bidang reparasi produk kenamaan Apple dengan nama 'Icolor' dengan konsep jemput bola.


Selain itu, Gibran turut meramaikan bisnis e-commerce dengan berjualan jas hujan bermerk Tugas Negara Bos. Jas hujan tersebut dijual hanya secara online lewat sejumlah aplikasi belanja online.

Masih menggandeng Sang adik, Gibran juga menjajal bisnis kuliner bersama Chef Arnold Poernomo. Ketiganya membuka restoran Mangkok Ku yang belokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat.

Belum selesai, kedua putra Presiden Jokowi tersebut kemudian memperkenalkan produk makanan hasil kolaborasi mereka berdua lewat brand 'Siap Mas'. Siap Mas menghadirkan produk minuman dan makanan ringan seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

Selain katering, martabak, merchandise, restoran hingga keripik, pria kelahiran 1 Oktober 1987 ini juga punya startup kuliner bernama Goola. Goola punya produk minuman tradisional khas Indonesia seperti Es Doger yang dikemas lebih modern.

Baru-baru ini startup tersebut mendapat suntikan modal senilai US$ 5 juta atau setara Rp 71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures. Dengan suntikan modal dari Alpha JWC Ventures, Gibran bakal merealisasikan target menjadi market leader di Indonesia dengan gerai di kota-kota besar dan kecil, serta memulai ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara tahun depan.


Gurita Bisnis Gibran yang Kini Kader PDIP: Martabak hingga Es Doger


Simak Video "Gibran Ingin Maju Pilwalkot Solo, PAN: Biar Masyarakat yang Nilai"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/zlf)
FOKUS BERITA Es Doger Anak Presiden
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com