Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 25 Sep 2019 18:00 WIB

Mantan Cawapres hingga Pengusaha Jadi Kandidat Kuat Menkop UMKM

Hendra Kusuma - detikFinance
1 6 Kandidat Menkop UKM
Halaman 2 dari 2
Foto: Unknown Foto: Unknown

1. Nadiem Makarim
Pria bernama lengkap Nadiem Anwar Makarim lahir pada 4 Juli 1984 dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri. Sang ayah adalah seorang aktivis dan pengacara terkemuka, sedangkan ibunya bekerja sebagai penulis lepas. Nadiem identik dengan Gojek karena sebagai CEO dan pendirinya. Nadiem SD hingga SLTA pindah-pindah dari Jakarta ke Singapura. Usai tamat SMA, ia mengambil jurusan International Relations di Brown University, Amerika Serikat, dilanjutkan menempuh pasca sarjana dengan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.

2. Sandiaga Uno
Pemilik nama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno ini merupakan anak dari pasangan Razif Halik Uno dan Rachmini Rachman. Masa kecil Sandiaga Uno dihabiskan di Pekanbaru, Riau. Pria ini pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden periode 2019-2024 dan pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sandiaga memiliki latar belakang sebagai seorang pengusaha. Salah satu perusahaan investasi miliknya adalah PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG). Sebagai seorang pengusaha, tak mengherankan jika kekayaannya yang tercatat di laporan resmi KPK sebesar Rp 5 triliun.

3. Emil Dardak
Pria bernama lengkap Emil Elestianto Dardak ini sekarang menjabat sebagai Wakil Gubernur baru Jawa Timur periode 2019-2024. Emil lahir di Jakarta, 20 Mei 1984, dirinya pernah menjabat Bupati Trenggalek sejak 17 Februari 2016 hingga 12 Februari 2019. Soal pendidikan, Emil adalah peraih gelar doktor ekonomi pembangunan termuda di Jepang dari Ritsumeikan Asia Pacific University, saat itu usianya 22 tahun. Emil memperoleh gelar diploma dari Melbourne Institute of Business and Technology pada 2001 atau saat berusia 17 tahun. Emil kemudian meneruskan pendidikan S1 di Universitas New South Wales, Australia. Sedangkan gelar S2 dan S3 didapatkan dari Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang.

4. Bahlil Lahadalia
Bahlil pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Pria lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Mumbai, Jayapura, Papua ini pernah berprofesi sebagai sopir angkot hingga buka usaha sendiri. Kisahnya banyak menginspirasi karena memulai usaha dari bawah. Kini ia memiliki tiga perusahaan, PT Bersama Papua Unggul, PT Dwijati Sukses, dan PT Rifa Capital.

5. Irnanda Laksanawan
Irnanda Laksanawan pernah menjabat sebagai Deputi Kementerian BUMN Bidang Indsutri Strategis dan Manufaktur. Dirinya juga dipercaya untuk menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk periode 2011-2015. Pria yang lahir di Surabaya pada tanggal 7 Januari 1962 ini memiliki peran vital saat mengemban di Kementerian BUMN pada 2010. Bahkan, dia pernah menjadi bos di beberapa BUMN seperti PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) dan Komisaris Pertamina termuda. Saat ditunjuk sebagai Direktur Direktur PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero).

6. Angela Herliani Tanoesoedibjo
Wanita yang kini berusia 32 tahun merupakan putri sulung Ketua Umum Partai Perindo yang sekaligus pengusaha kelas kakap di tanah air, yaitu Hary Tanoesoedibjo. Angela sekarang dikenal sebagai politisi Partai Perindo dan pengusaha. Wanita kelahiran 1987 tersebut menyelesaikan pendidikan di dua kampus ternama di Australia, yaitu Bachelor of Arts in Communications (Media Arts and Productions) dari Universitas Teknologi Sydney Australia pada 2008. Lantas menyabet gelar Master of Commerce dalam bidang Keuangan dari Universitas New South Wales Australia pada 2010. Dirinya pun digadang-gadang sebagai penerus ayahnya di MNC Grup.

(hek/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com