Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 25 Sep 2019 18:19 WIB

Demo Guncang Pasar Keuangan RI? Ini Kata Sri Mulyani

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Edi Wahyono Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Aksi demo penolakan pengesahan RUU KPK oleh mahasiswa dan masyatakat telah memberikan tekanan terhadap pasar keuangan nasional. Buktinya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah melemah.

Menanggapi itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku bahwa Pemerintah akan terus menjaga fundamental perekonomian nasional dalam menjaga stabilitas pasar.

"Kita akan jaga selama ini stabilitas di sektor keuangan fundamental kita dari sisi makro ekonomi yang biasanya mendrive sentimen," kata Sri Mulyani di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/9/2019).


Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini pun mengaku akan memantau neraca keuangan perusahaan. Pemantauan itu dilakukan untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan terbuka dalam kondisi yang baik.

"Sehingga mereka bisa kurangi atau menghilangkan berbagai macam sentimen yang sifatnya sesaat atau karena ada faktor lain. Jadi kembali ke fondasi aja," jelas dia.


Menurut Sri Mulyani, Pemerintah seringkali menyampaikan perkembangan ekonomi global yang berdampak pada Indonesia. Namun, di satu sisi pemerintah juga tetap menjaga ekonomi dalam kondisi baik

"Pokoknya kita akan jaga fondasinya aja sehingga kita akan tetap komunikasikan kepada pelaku usaha mengenai Indonesia yang stabil dan tetap terkeola dengan baik," ungkap dia.

Simak Video "Trauma Dirampok, Farah Quinn Ogah Simpan Berlian di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com