Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Sep 2019 06:18 WIB

Siap-siap! 23 Juta Pekerjaan di RI Bakal Digantikan Robot

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Ilustrasi/Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha Ilustrasi/Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Jakarta - McKinsey & Company merilis laporan terbarunya mengenai otomasi dan masa depan pekerjaan di Indonesia. Laporan tersebut menyajikan hasil kajian tentang pekerjaan yang bakal hilang, muncul, dan berubah di masa depan.

Hasilnya, sebanyak 23 juta lapangan pekerjaan di Indonesia dalam kurun waktu sekitar 10 tahun mendatang diproyeksi hilang digantikan proses otomasi. Jumlah yang tak sedikit dalam waktu yang relatif singkat.


Meningkatnya adopsi otomatisasi dan kecerdasan buatan diproyeksi mengubah dunia pekerjaan di masa depan. Sumber daya manusia (SDM) yang menjadi calon angkatan kerja maupun yang berpengalaman diharapkan bisa mengantisipasi hal ini.

McKinsey sendiri memperkirakan hilangnya jutaan lapangan kerja yang digantikan mesin tersebut diganti oleh lapangan pekerjaan yang lebih banyak dengan jenis yang berbeda. Pemerintah dan para pemangku kepentingan terkait diharapkan mampu mengantisipasi hal ini sekaligus menangkap peluang tersebut.

Lalu, seperti apa isi laporan tentang pekerjaan yang bakal hilang, muncul, dan berubah di masa depan tersebut? Simak informasi yang dirangkum berikut: (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com