ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Sep 2019 18:09 WIB

Beli Tiket MRT Kini Tinggal Scan Barcode Doang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Moda Raya Terpadu (MRT) akan punya sistem pembayaran tiket terbaru. Skema terbaru ini akan menggunakan sistem QR Code.

Dirut PT MRT Jakarta William Syahbandar menyatakan rencananya sistem ini akan bisa digunakan bulan Oktober. Kini pihaknya sedang menghimpun provider dompet digital untuk bermitra dengan MRT.

"Rencana kita mau buat QR code ticketing. Akan go live akhir bulan depan. Sekarang kita mengundang teman-teman mitra menjadi provider QR code kita," kata William di kantornya, Kamis (26/9/2019).

Pihaknya pun akan memasang gate alias gerbang tiket yang baru untuk memfasilitasi sistem QR code.

"Prosesnya di awal Oktober akan ada pengadaan sistem QR gate, kemudian performance test, kalau sesuai rencana Oktober go live tapi paling lambat akhir tahun ini," kata William.


William menjelaskan nantinya MRT akan meluncurkan aplikasi untuk smartphone. Di situ lah penumpang bisa memesan tiket.

"QR code anda akan pakai mobile apps MRT Jakarta akan kita luncurkan nanti, anda buka anda lihat mapnya tinggal klik aja mau ke mana dari mana. Nanti menu pembayarannya ada banyak provider tinggal pilih bayar," jelas William.

"Setelah itu anda ke gate, ada QR gate tempelkan di situ dan gate akan terbuka," tambahnya.

William juga mengatakan kartu Multi Trip MRT pun akan segera diterbitkan. Rencananya Novembet nanti kartu tersebut akan diluncurkan, kini pihaknya sedang mengurus izin menerbitkan kartu pembayaran.

"Kartu MTT (Multi Trip MRT) akan kita terbitkan November, kan selama ini masih single trip aja. Kita lagi urus izin di BI, izin menerbitkan kartu pembayaran," ujar William.



Simak Video "Nyam! Menjajal Kuliner Pinggir Jalur MRT"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com