Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 28 Sep 2019 15:56 WIB

KAI Luncurkan Kereta Istimewa Rute JKT-BDG dan Semarang, Apa Tuh?

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Foto: Mukhlis Dinilah Foto: Mukhlis Dinilah
Bandung - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI resmi meluncurkan layanan eksklusif yang diberi nama Kereta Istimewa. Peluncuran ini bertepatan dengan peringatan HUT PT KAI yang ke-74 tahun.

Peluncuran kereta komersial privat ini berlangsung di Pusdiklat KAI, Jalan Laswi, Kota Bandung, Sabtu (28/9/2019). Peluncuran dilakukan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya dan Dirut KAI Edi Sukmoro.

Prosesi peluncuran dilakukan dengan potong pita dan pecahkan kendi. Lalu Budi Karya dan Edi Sukmoro menjajal kemewahan Kereta Istimewa tersebut. Budi Karya terkesan dengan inovasi yang dihadirkan PT KAI ini.

"Kereta istimewa ini inovasi yang luar biasa. Inovasi selalu dilakukan sehingga masyarakat mendapatkan layanan ada perbedaannya. Eksklusif ada, ekonomi ada," kata Budi usai peluncuran.

Menurutnya Kereta Istimewa ini merupakan kreatifitas yang patut diapresiasi dari PT KAI. Pasalnya, Kereta Istimewa dibuat dari kereta yang sudah tak terpakai dan dimanfaatkan kembali.


"Inovasinya kereta yang sudah nggak dipakai lama, secara teknis nggak dipakai, dipergunakan lagi. Jadi inovasinya barang nggak kepakai, dipakai malah eksklusif. Jadi suatu kreatifitas baik," tutur dia.

"Bahkan saya mengusulkan nanti kota khusus kayak Yogyakarta, Solo, kereta bandaranya begini. Tapi desain interior lebih tradisional lagi," menambahkan.

Dirut KAI Edi Sukmoro mengatakan satu rangkaian Kereta Istimewa ini terdiri dari dua jenis kereta KRD. Kereta Istimewa bisa menampung 40 penumpang dalam sekali perjalanan.

Ia menuturkan Kereta Istimewa rencananya akan melayani rute Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta Semarang. Fasilitas yang tersedia di antaranya ruang rapat, mini bar, lounge, karaoke dan lainnya.

"Kereta istimewa ini cocok untuk bisnis, reuni, event bahkan rekreasi keluarga. Karena jadwal dan lama perjalanan gimana konsumen. Harganya Rp 19 juta untuk 40 penumpang," ujar Edi.



KAI Luncurkan Kereta Istimewa Rute JKT-BDG dan Semarang, Apa Tuh?


Simak Video "Kompor Meledak di Kereta, 74 Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(mud/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com