Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 04 Okt 2019 15:39 WIB

Kiprah Sandiaga: Pengusaha, Cawapres, hingga Isu Masuk Kabinet Jokowi

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Nama Sandiaga Uno masuk dalam jajaran yang diisukan masuk Kabinet Kerja Jilid II. Dia disandingkan dengan dua kader Partai Gerindra lainnya, yakni Fadli Zon dan Edhy Prabowo.

Sandiaga yang merupakan putra dari Mien Uno ini dikenal sebagai seorang pengusaha. Terlahir dari keluarga yang mapan secara finansial, Sandiaga memiliki sederet bisnis yang dijalani.

Sebelum menjadi pengusaha Sandiaga mengawali kariernya sebagai karyawan pada tahun 1990 dengan bekerja di Bank Summa. Setahun bekerja, kemudian ia menerima beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya di George Washington University, Amerika Serikat.

Kemudian pada 1994, ia bekerja dan memilih bergabung dengan perusahaan MP Holding Limited Group. Di 1995, dirinya bekerja di NTI Resources Ltd di Kanada dan menjabat sebagai Executive Vice President NTI Resource Ltd.

Sialnya, perusahaan tempat dirinya bekerja saat itu mengalami krisis moneter yang terjadi pada 1997 dan menyebabkan dirinya terkena PHK.

Pria kelahiran 28 Juni 1969 ini akhirnya memutuskan untuk kembali ke Indonesia dengan mengubah dirinya dari seorang karyawan menjadi pengusaha. Bersama Edwin Soeryadjaya, ia mendirikan perusahaan Investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya.


Kini, Sandiaga terlibat dalam investasi di beberapa perusahaan yang juga dimilikinya. Antara lain Adaro Energy yang merupakan perusahaan tambang batu bara paling besar di Indonesia, Mitra Pinasthika Mustika yang fokus pada sektor otomotif, Provident Agro yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit, hingga Medco Power Indonesia yang berada di sektor energi.

Di tengah kariernya sebagai pengusaha, Sandiaga maju dalam Pilkada DKI pada 2017. Saat itu, ia berhasil menang sebagai Wakil Gubernur DKI mendampingi pasangannya Anies Baswedan.

Tapi sayang, baru 10 bulan menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, pria bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno itu memilih bersama Prabowo Subianto sebagai Calon Wakil Presiden 2019-2024.

Kini, Sandiaga diisukan jadi salah satu nama dari Gerindra yang akan masuk ke Kabinet Kerja jilid II bersama dua kader Gerindra lainnya. Sandiga memang akan segera kembali ke partai Gerindra.

Dari tiga nama itu, kabarnya Jokowi dipersilakan memilih satu. Namun ada juga kabar lain yang menyebut ada dua nama yang akan diangkut ke Kabinet. Nama Sandiaga bahkan telah diisukan menjadi Menteri Investasi dalam susunan kabinet yang ramai disebar di grup-grup WA.


Kiprah Sandiaga: Pengusaha, Cawapres, hingga Isu Masuk Kabinet Jokowi


Simak Video "Cerita Sandiaga Berkali-kali Ditawari Kursi Wagub DKI oleh Prabowo"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com