ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 05 Okt 2019 17:00 WIB

Setelah Tunjangan Kinerja, Jokowi Bakal Naikkan Gaji TNI?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan kenaikan tunjangan kinerja (tukin) pada Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk tahun 2020. Jokowi bilang, tukin TNI di 2020 akan naik sebesar 80%.

Selain tukin, sebelumnya TNI juga diusulkan mendapat kenaikan gaji pokok pada 2020. Usulan itu disampaikan salah satu anggota badan anggaran DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Hadi Wahyu Sanjaya. Hal itu disampaikan langsung di depan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat rapat di ruang Banggar DPR, Jakarta, Senin (8/7/2019) lalu.

Saat dikonfirmasi ke Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mantan Direktur Bank Dunia tersebut mengaku akan mempertimbangkannya.

"Nanti kita lihat dari sisi keuangan negara maupun dari sisi bagaimana skenario untuk membangun institusi yang baik," kata Sri Mulyani.


Menurutnya, tak hanya gaji TNI, pemerintah juga akan mempertimbangkan kenaikan gaji anggota Polri dan aparat penegak hukum lainnya. Rencana ini juga telah disampaikan dalam sidang kabinet bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor.

"Ini bagian seperti tadi disampaikan dalam sidang kabinet, merupakan bagian yang penting dalam membangun birokrasi dan aparat institusi publik yang baik," kata Sri Mulyani.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Brigjen Sisriadi mengatakan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pasti telah memiliki hitungan terhadap rencana tersebut. Oleh karena itu, TNI menyerahkan seluruh rencana dan hitungan tersebut kepada Kemenkeu.

"Pemerintah pasti sudah punya hitungan-hitungan kita percaya sama pemerintah. Dalam hal ini Kementerian Keuangan, kan punya hitungan-hitungan," kata Sisriadi (16/7/2019).

Namun demikian, hingga saat ini pihak dari Kementerian Keuangan masih belum mau berkomentar lebih lanjut mengenai usulan kenaikan gaji pokok para prajurit tanah air tersebut, termasuk saat nota keuangan RAPBN 2020 Agustus lalu. Meski demikian, anggaran pertahanan memang terus naik sejak 2018 lalu.

Besarnya anggaran Kementerian Pertahanan dalam APBN 2020 mencapai Rp 127,42 triliun. Angka tersebut naik 17,53% dari APBN 2019 serta meningkat 16,25% dari outlook tahun ini.



Simak Video "MPR soal Wakil Panglima TNI: Kerja TNI Semakin Kompleks"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com