Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 06 Okt 2019 13:30 WIB

Masih Ada Warga Jakarta BAB Sembarangan, PUPR: Itu Realita

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Sachril Agustin/detikcom Foto: Sachril Agustin/detikcom
Jakarta - Sanitasi masih menjadi persoalan di Tanah Air, khususnya Jakarta. Bagaimana tidak, buktinya masih ada warga Jakarta yang membuang kotoran jamban yang mengarah ke kali.

Hal itu seperti terjadi di Jakarta Barat, di mana sebagian warga Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan membuang kotoran di sungai. Mereka melakukan itu lantaran tidak memiliki septic tank.


Terkait hal tersebut, Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga mengatakan, sanitasi memang masih menjadi persoalan di Indonesia. Dia bilang hal itu ialah realita yang terjadi saat ini.

"Masih banyak (buang sembarangan), ya itu realita yang ada di kita begitu. Jadi memang kita masih punya masalah akses sanitasi," katanya kepada detikcom, Minggu (6/10/2019).

Dia mengatakan, secara nasional sebanyak 70% masyarakat yang telah memiliki akses sanitasi.

"Akses sanitaasi kita sekitar 70%-an, jadi memang masih banyak belum punya akses yang baik dan aman, secara nasional," ujarnya.


Lanjutnya, pemerintah tengah berupaya meningkatkan akses santiasi tersebut. Menurutnya, ini bukan hanya pekerjaan pemerintah pusat tapi juga pemerintah daerah.

"Pemerintah berupaya meningkatkan hal tersebut, ini tugas pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah meningkatkan hal tersebut," jelasnya.

Simak Video "Agar Tak Buang Air Sembarangan, Akan Dibuat Septic Tank Komunal "
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com