Round-Up 5 Loker Sepekan

Alasan Minyak Curah Dilarang, Masih Ada Warga BAB Sembarangan

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 06 Okt 2019 20:31 WIB
Alasan Minyak Curah Dilarang, Masih Ada Warga BAB Sembarangan
Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono

Sistem pengelolaan limbah akan segera dibangun di Jakarta. Sistem dengan nama Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) ini dibangun dengan tujuan melindungi air dari pencemaran aktivitas domestik seperti mandi, cuci, kakus dan aktivitas rumah tangga lainnya.

Berdasarkan video profil proyek yang diterima detik.com, Minggu (6/10/2019), proyek ini terdiri dari instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan perpipaan.

"Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) memberikan dukungan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta dengan membangun sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat yang terdiri instalasi pengolah air limbah domestik dan jaringan perpipaan yang dinamakan JSDP," bunyi keterangan dalam video tersebut.

IPAL zona 1 akan dibangun dengan kapasitas pengolahan 240 ribu m3 per hari di atas lahan 3,9 ha di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Lebih lanjut, pelayanan zona 1 Jakarta meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat yang tersebar di 41 kelurahan dengan luas area 4.901 hektar.

Sistem ini akan dilengkapi dengan pipa sepanjang 72,8 km yang terdiri dari 14,3 km pipa induk dan 58,5 pipa lateral.