Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 20:55 WIB

Pengiriman Kereta LRT Tertahan 1 Jam di Gerbang Tol Madiun

Sugeng Harianto - detikFinance
Foto: PT INKA Foto: PT INKA
Madiun - PT Industri Kereta Api ( INKA) sempat mendapat penolakan petugas Jasa Marga, terkait pengiriman 6 gerbong KA light rail transit (LRT) melalui jalan tol. Terjadinya debat alot pihak petugas tol dengan pihak INKA membuat gerbong LRT tertahan selama satu jam di gerbang tol Madiun.

"Memang sempat alot proses masuk itu (gerbong LRT), tapi karna untuk kepentingan negara kita berusaha cek lagi, dan Isyak baru bisa masuk. Tugas saya hanya mengamankan lokasi, kan ada enam gerbong kita pantau apa mempengaruhi pengendara lain ndak, tapi aman kok, aman,"ujar Manager Area PT Jasa Marga Tolroad Operator (JMTO) Sabilillah saat dihubungi detikcom, Kamis (10/10/2019).

Petugas pengiriman dari INKA, kata Sabilillah, tiba di gerbang tol Madiun sekitar pukul 18.00 WIB, dan bisa lolos masuk setelah salat Isya atau sekitar pukul 19.00 WIB. Sempat adanya penolakan itu, lanjut Sabilillah, karena adanya kekeliruan data angka ketinggian pada surat permohonan yang tertera melebihi kapasitas.

"Iya betul kemarin Selasa, sekitar pukul 18.00 WIB habis magrib. Awalnya itu ada perbedaan data, itu batas ketinggian gerbang kita hanya 4,2 meter, dan data yang kita terima 4,7meter. Khawatir nyenggol kan dan tidak mungkin masuk. Tapi ternyata tidak cek manual ketinggian hanya 4,1 meter," ujarnya.


Sabilillah mengungkapkan sebelumnya memang dilakukan pengecekan secara cermat dalam proses memasukkan enam truk Multi-Axle yang mengangkut gerbong kereta LRT itu. Dalam batas kecepatan laju kendaraan itu hanya 40 km/ jam.

"Untuk batas kecepatan karena angkutan berat dan jenis truk besar sehingga hanya 40 km/jam," jelasnya.

Ada enam truk Multi-Axle yang mengangkut enam gerbong kereta LRT itu, dari INKA masuk tol melewati gerbang tol Madiun yang ada di Dumpi Desa Bagi. Gerbong LRT itu, diperkirakan akan tiba di stasiun Harja Mukti Cibubur, pada Sabtu dini hari besok.

Dengan pengiriman satu trainset atau enam gerbong itu, saat ini masih ada tiga trainset atau 18 gerbong masih dalam proses penyelesaian. INKA menargetkan akhir tahun 2019 mendatang seluruh gerbong sudah terkirim semua.



Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com