Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 11 Okt 2019 12:12 WIB

4 Jurus Sri Mulyani Dongkrak Daya Saing RI

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
Tangerang - Daya saing Indonesia turun 5 peringkat dalam daftar negara paling kompetitif di dunia. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap indikator Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi kendala daya saing Indonesia turun.

Sri Mulyani bilang, SDM yang dimiliki Indonesia mayoritas hanya lulusan SD dan SMP. Untuk itu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini memiliki sejumlah langkah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

"Pertama dengan anggaran pendidikan yang mencapai lebih dari Rp 508 triliun untuk tahun depan," kata Sri Mulyani di Tanjung Pasir, Tangerang, Jumat (11/10/2019).


Kemudian yang kedua, kata Sri Mulyani, pemerintah juga akan terus memberikan insentif kepada daerah agar mereka bisa semakin baik di dalam mendongkrak pendidikan. Sebab, anggaran pendidikan itu dieksekusi oleh pemerintah daerah.

"Yang ketiga, kita juga akan membantu dengan insentif fiskal yaitu peranan dari swasta untuk bisa melakukan pelatihan vokasi termasuk, sehingga kualitas dari SDM Indonesia makin diperbaiki," katanya.

Yang terakhir, tambah Sri Mulyani, pembangunan sekolah hingga kampus akan terus dipantau dengan baik melalui anggaran belanja di kementerian dan lembaga.

"Kita juga mendiversifikasikan pembiayaan kita sehingga kita mampu bisa membangun fasilitas pendidikan secara lebih cepat melalui publik private partnership," tuturnya.



Simak Video "Sindir Sri Mulyani, Prabowo: Rumus yang Salah Dipakai Terus"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com