Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 11 Okt 2019 14:33 WIB

Jokowi Diminta Pangkas Aturan, Luhut: 72 UU Lama Diharmonisasi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan para menteri ditugasi Presiden Jokowi untuk memangkas kebijakan soal investasi.

Pusatnya, harmonisasi itu dilakukan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang dipimpin Darmin Nasution. Setidaknya, ada 72 undang-undang lama dari tahun 1960 hingga 1990 alias yang tidak lagi update akan diharmonisasi.

"Saya sampaikan, Pak Presiden udah minta kami untuk mengharmonisasi dan sedang dikerjakan kantornya Pak Darmin. Ada 72 undang-undang lama dari tahun 60-90 diharmonisasi menggunakan omnibus law," kata Luhut di kantornya saat Coffee Morning bareng wartawan, Jumat (11/10/2019).



Bisa jadi nantinya, kata Luhut akan ada satu UU yang akan memudahkan investasi. Hal ini menurutnya membuat investor senang, khususnya bagi yang mau merelokasi pabrik ke Indonesia.

"Mungkin nanti jadi satu undang-undang sehingga memudahkan investasi ke Indonesia. Mereka akan senang dengan itu, macam-macam banyak sekali itu (sektor pabriknya)," kata Luhut.

Luhut mengungkapkan beberapa industri sudah mau memindahkan pabriknya ke Indonesia. Dia bilang tahun depan sudah ada yang masuk.

"Saya berharap mereka tahun depan akan masuk, kuartal I-II bisa masuk. Banyak kok yang udah mau masuk. Sekarang kita aja ini belum omong-omong banyak," kata Luhut.



Simak Video "Komentari Penusukan Wiranto, Luhut Pandjaitan: Jangan Dibesar-Besarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com