Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 13 Okt 2019 08:27 WIB

Galang Dana Buat Pengungsi Wamena, Menhub Kumpulkan Rp 1,5 M

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikcom Foto: Trio Hamdani/detikcom
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pagi ini melakukan jalan sehat di area Car Free Day (CFD) Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut dalam rangka Solidaritas Masyarakat Papua dan Penggalangan Dana Sosial bertajuk "KITORANG BASODARA".

Kegiatan ini dilaksanakan sekitar pukul 6.40 WIB, Minggu (13/10/2019). Jalan sehat dimulai dari samping Hotel Mandarin menuju Pusat Perbelanjaan Sarinah dan kembali lagi ke Hotel Mandarin. Kegiatan ini untuk menggalang dana bagi warga di Wamena yang mengungsi imbas kerusuhan bulan lalu.

"Ajakan untuk menyumbang Wamena kita lakukan, sudah kita kumpulkan. Kalau ada berapa dari bapak/ibu, disumbangkan untuk menambah sumbangan untuk keluarga kita di Wamena," kata dia dalam dialog dengan tokoh Papua usai jalan sehat.


Dia mengatakan total sumbangan yang berhasil terkumpul adalah Rp 1,5 miliar. "Tadi terkumpul di sini Rp 1,5 miliar," sebutnya.

Budi melakukan jalan sehat bersama Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal. Ikut bergabung dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahaladia.

Mantan Dirut PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengenakan tutup kepala khas tanah Papua serta kacamata hitam. Bahlil dalam kesempatan yang sama mengatakan HIPMI ikut menyumbang dana sebesar Rp 100 juta.

"Tadi saya ditelepon HIPMI, HIPMI sumbang Rp 100 juta," ujarnya.


Jalan sehat juga dimeriahkan oleh atraksi drum band yang berjumlah sekitar 100 orang. Mulai dari peniup terompet hingga penabuh drum kompak memainkan alat musiknya masing-masing.

Warga yang sedang melakukan aktivitas paginya di area CFD pun tampak antusias menyaksikan kegiatan tersebut. Banyak yang mengangkat tinggi-tinggi smartphone-nya untuk mengabadikan momen ini. Kegiatan jalan sehat selesai ini sekitar pukul 7.20 WIB.

Simak Video "Pembebasan Lahan Proyek KA Makassar-Parepare Segmen 3 Digeber!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com