Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 13 Okt 2019 14:07 WIB

Liputan Khusus Skin Care Lokal

Nggak Usah Gengsi, Pakai Skin Care Lokal Bisa Bantu Petani Lho

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Dok. Ocean Fresh Foto: Dok. Ocean Fresh
Jakarta - Produk perawatan kulit yang menggunakan bahan alami sedang booming di Indonesia. Mulai dari air mawar, pelembab, sampai sabun cuci muka bisa didapatkan dengan mudah.

Uniknya sebagian merek lokal seperti Ocean Fresh dan Kencana Bodyworks memanfaatkan hasil panen petani agar hasilnya bisa memiliki nilai tambah yang lebih besar. Jadi detikers bisa bantu ekonomi petani juga lho secara nggak langsung dengan menggunakan skin care lokal.

Ocean Fresh didirikan oleh Linawati Hardjito, seorang profesor Institut Pertanian Bogor (IPB) yang pada 2010 memberdayakan masyarakat pesisir dengan memajukan industri pengolahan rumput laut. Saat itu, Lina sedang melatih dan mengembangkan potensi rumput laut di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi.

CEO Ocean Fresh Hamid Muktashim menceritakan saat itu Ocean Fresh masih fokus produksi carrageenan (ekstrak rumput laut merah) sebagai bahan baku industri makanan. Profesor Lina juga sambil melakukan riset pengembangan produk lain di sektor perawatan tubuh dan khasiat untuk kecantikan.

Pada 2015 riset tersebut lengkap dan mulai pengembangan produk kosmetik Ocean Fresh yang sudah mengantongi izin edar dari BPOM dan sertifikat halal MUI.

"Akhir 2015, Ocean Fresh mulai berusaha penetrasi pasar skin care Indonesia, pertama lingkungan kampus IPB, hingga saat ini telah tersebar di seluruh Indonesia melalui platform penjualan online dan offline," ujar Hamid kepada detikcom.


Bahan yang digunakan oleh Ocean Fresh tergolong unik. Menurut Hamid, masih sedikit merek yang menggunakan bahan alam perairan seperti rumput laut merah, coklat, dan hijau, buah mangrove dan spesies seperti buah pandan laut, ekstrak kulit udang, ekstrak kerang laut, serta ekstrak sisik ikan (kolagen).

Memang, Ocean Fresh ini mengidentifikasi dirinya sebagai skin care berbasis bahan alam yang ternyata sangat kaya asam amino, antioksidan, vitamin C, vitamin E, sampai kolagen.

Hamid mengungkapkan, kendala yang dihadapi dalam menjalankan bisnis skin care ini mulai dari hulu. Misalnya, sulit bekerja sama dengan petani dan masyarakat supaya bisa disiplin dalam menghasilkan kualitas panen yang baik.

"Di tengah kendala logistik, kami mengalami terutama untuk pengiriman bahan baku dari remote area yang membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga produk Ocean Fresh cukup mahal dibanding produk sejenis di pasaran," jelas dia.

Kemudian kendala di hilir, adalah bagaimana mengedukasi masyarakat secara luas dan menjangkau pasar agar lebih besar lagi dengan keterbatasan modal.

Pakai Skin Care Lokal Bisa Bantu Petani Juga Lho!Foto: Dok. Kencana Bodyworks

Pendiri Kencana Bodyworks, produk skin care asal Malang, Dita Kencana mengungkapkan bahan yang digunakan merupakan kualitas unggulan seperti minyak dan rempah yang hampir semuanya didapatkan langsung dari petani sehingga keaslian dan kemurniannya terjamin.

"Kita juga ikut mendukung kesejahteraan petani yang menghasilkan minyak kelapa, petani bunga mawar, petani urang-aring dan petani rempah-rempah," kata dia.


Dita memanfaatkan hasil tani kelapa dari Kabupaten Sleman dan sekitarnya, petani mawar dari Kabupaten Batu, petani kemiri dan rempah-rempah dari sejumlah wilayah di Jawa Timur, dan petani urang-aring dari Jawa Barat.

Menurut Dita, Kencana Bodyworks menampung bahan asli tanpa campuran parfum atau pengental dan ia membeli dengan harga yang lebih tinggi dari tengkulak

"Misalnya dari petani mawar dan penyulingan air mawar, mereka juga terima order dari pabrik besar tapi dibeli sangat murah. Kencana beli dengan harga lebih mahal, karena kelopak bunga yang dipakai segar dan aroma airnya asli tanpa tambahan parfum. Itu kan bermanfaat juga untuk petani, karena hasil panennya dibeli dengan harga bagus," imbuh dia.

Dita menambahkan, biasanya tengkulak membeli kelopak mawar yang sudah jatuh ke tanah hanya Rp 5.000 per kilogram (kg). Nah biasanya kelopak yang jatuh itulah yang diborong oleh pabrik besar dan ditambahkan parfum.

Nggak Usah Gengsi, Pakai Skin Care Lokal Bisa Bantu Petani Lho


Simak Video "Doyan Traveling, Ini Skin Care yang Wajib Dibawa Shireen Sungkar"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com