Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 13 Okt 2019 15:30 WIB

Liputan Khusus Skin Care Lokal

Mau Bisnis Skin Care Tapi Bingung Mulainya? Simak Nih Tipsnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Dok. Haple Foto: Dok. Haple
Jakarta - Sejumlah produk skin care atau perawatan kulit lokal sudah ramai di pasaran. Hal ini tak lepas dari kualitas dan pemasaran yang baik untuk merangkul konsumen yang masih dibayangi produk impor.

Para pebisnis skin care lokal memiliki cara untuk bertahan dan mengembangkan produk di tengah ramainya pasar perawatan kulit di Indonesia. Para founder tak segan membagikan tips untuk detikers yang ingin memulai usaha skin care ini. Apa saja tipsnya?

Pendiri Haple, Keishia Lovelyta mengungkapkan untuk berbisnis harus memiliki niat awal yang baik agar berkah selalu datang. Misalnya, jangan berpikir untuk merugikan orang lain, menurut dia uang adalah hal yang penting namun bukan segalanya. Kemudian, jika membuka usaha harus dengan jujur dan jangan membanting harga.

"Hal itu memang membuat kita banyak uang secara instan, tapi tentu tidak akan bertahan lama, karena nggak original," ujar Keishia kepada detikcom.


Dalam berusaha, harus memiliki mental yang kuat dan inovatif karena kondisi pasar selalu berubah dengan cepat. Lalu juga harus diperhatikan dalam pembuatan brand value yang kuat dan positif seperti yang membuat pembeli ikut bangga dan cinta dengan produk yang kita buat.

Langkah selanjutnya adalah fokus dengan kepuasan pelanggan dan jangan banyak menjanjikan.

"Karena kalau produk kita memang bagus, mereka akan merasakan sendiri dan memberikan review, apalagi skin care itu kan cocok-cocokkan. Haple itu tidak pernah minta review, semua dari pembeli yang puas dan kita juga kasih produk sesuai dengan yang kita rasain, yang sudah kita tes sendiri," jelasnya.

Kemudian, relasi dengan pembeli juga harus sangat dijaga agar bisnis bisa bertahan lama. Contoh kecilnya adalah admin melayani dengan ramah agar pembeli senang dan tak segan memberikan ulasan positif. Setelah semua dilakukan, jangan pernah lupa mengurus izin dan paten merek. Hal ini untuk meminimalisir pencurian merk oleh orang lain.


CEO Ocean Fresh, Hamid Muktashim menjelaskan jika memulai usaha seperti bisnis skin care jangan hanya mengejar keuntungan semata. Tetapi juga harus memperhatikan aspek seperti kelestarian lingkungan, kesehatan masyarakat, dan kesejahteraan masyarakat.

Mau Bisnis Skin Care Tapi Bingung? Simak Nih TipsnyaFoto: Dok. Ocean Fresh

Selain itu, branding juga harus diperhatikan. Hal ini agar produk tak kalah dengan produk impor. Saat ini Ocean Fresh meyakinkan konsumen dengan berusaha menerapkan standar produksi, keamanan produk, sertifikasi halal dan quality control.

"Kami juga berusaha membuat branding yang prestisius yang tidak kalah dengan brand-brand impor, kami juga selalu melakukan edukasi bahwa bahan-bahan alam Indonesia itu sangat kaya dan tidak kalah khasiatnya dari produk-produk impor. Selebihnya kami membiarkan produk yang berbicara, mempersilahkan konsumen mencoba dan membuktikan sendiri khasiat produk kami," jelas dia.

Pemilik Kencana Bodyworks, Dita Kencana mengungkapkan untuk memulai usaha harus dengan niat dan tujuan yang mulia. Hal ini karena usaha yang dijalani akan tetap bertahan jika moral value tersebut dijalankan.

Mau Bisnis Skin Care Tapi Bingung Mulainya? Simak Nih Tipsnya


Simak Video "Doyan Traveling, Ini Skin Care yang Wajib Dibawa Shireen Sungkar"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com