googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/finance/pop_ups', [785, 440], 'div-gpt-ad-1574092191519-0').addService(googletag.pubads());
ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 14 Okt 2019 13:05 WIB

Resmikan 'Tol Langit', Jokowi Minta Pejabat Hati-hati Jaga Data Konsumen

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Presiden Jokowi dengan Menko Minfo Resmikan Tol Langit (Andhika/detikcom) Foto: Presiden Jokowi dengan Menko Minfo Resmikan Tol Langit (Andhika/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada seluruh pejabat negara baik pusat maupun daerah dalam memanfaatkan Palapa Ring. Dengan beroperasinya infrastruktur internet cepat, maka Pemerintah bisa mengetahui kebutuhan pasar domestik lebih baik lagi.

Jokowi tidak ingin justru dengan adanya Palapa Ring membuat Indonesia malah dibanjiri produk impor. Sebab, Palapa Ring merupakan tulang punggung internet cepat yang menghubungkan seluruh kota dan kabupaten seluruh Indonesia.

"Data dan informasi bisa dikumpulkan melalui perangkat digital, melalui internet, ada smartphone yang bisa terhubung dengan smartphone, smart office, dan smart-smart yang lain lainnya," kata Jokowi saat peresmian pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).


Dengan infrastruktur internet yang sudah ada, Jokowi mengungkapkan bahwa Pemerintah bisa melakukan riset mengenai apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat. Dari riset tersebut, pelaku usaha tanah air bisa memenuhi kebutuhannya.

"Manfaatnya bermacam-macam, riset perilaku manusia, bisa. Hati-hati, perilaku kita bisa ketahuan, perilaku satu kabupaten, satu provinsi, satu negara bisa ketahuan dari sini," jelas dia.

"Riset pasar, orang Papua senangnya apa tahu, orang Kalimantan senangnya apa tahu, orang Jawa senangnya apa, tahu, dari sini," sambungnya.

Palapa Ring Beroperasi, Jokowi Minta Pejabat Hati-hati Jaga Data KonsumenFoto: Presiden Jokowi dengan Menko Minfo Resmikan Tol Langit (Andhika/detikcom)

Meski demikian, Kepala Negara mengingatkan bahwa data perilaku konsumen ini harus dijaga agar tidak bocor ke negara lain yang berpotensi memenuhi keinginan masyarakat Indonesia.

"Jangan sampai data kita, selera konsumen, selera pasar diketahui oleh negara lain, sehingga mereka bisa menggerojoki kita dengan produk produk sesuai selera yang kita inginkan. hati-hati dengan ini," ungkap dia.


Diketahui, Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer (km), dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 km.

Belakangan, proyek ini dijuluki tol langit, sebagai perumpamaan yang dimaksudkan Menteri Kominfo Rudiantara sebagai kehadiran sinyal yang membuat masyarakat Indonesia bisa lebih mudah berkomunikasi satu sama lain, baik di perkotaan maupun pelosok, berkat eksistensi infrastruktur telekomunikasi.


Resmikan 'Tol Langit', Jokowi Minta Pejabat Hati-hati Jaga Data Konsumen


Simak Video "Jokowi Resmikan Palapa Ring, Tulang Punggung Internet Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com