Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Okt 2019 12:23 WIB

Deretan Barang yang Bikin Impor September Turun

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Total impor Indonesia sepanjang September 2019 tercatat US$ 14,26 miliar atau turun 2,41% dibanding September 2018. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suharyanto mengatakan hampir semua golongan impor mengalami penurunan.

Ada sejumlah faktor, kata dia, yang menyebabkan penurunan impor di sepanjang bulan September. Penurunan jumlah impor, lanjut dia, dipicu penurunan impor di hampir semua jenis barang dan kelompok barang terutama bahan baku.

"Bahan baku penolong yang alami penurunan ini antara lain raw sugar dari Thailand. Komposisi impor masih didominasi bahan baku, modal dan konsumsi," katanya di kantor BPS, Jakarta, Selasa (15/11/2019).


Namun ada sejumlah barang penolong yang mengalami peningkatan impor.

"Ada beberapa komoditas yang mengalami peningkatan di sana ada untuk impor sport car ada peningkatan. Bahan baku penolongnya yoy nya sebesar 5,91% bahan baku penolong yang alami penurunan ini antara lain raw sugar dari Thailand," kata dia.


Impor dari sejumlah negara terpantau mengalami penurunan seperti dari Jepang hingga Amerika Serikat. Namun, impor barang-barang dari China masih mengalami pertumbuhan.

"Impor utama kita Januari-September masih dari China 29,34% pada September ini komoditas utama adalah handphone, notebook," tandas dia.

Simak Video "Ada 2 WN Singapura di Balik Kasus Impor Limbah 87 Kontainer"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com