Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Okt 2019 17:43 WIB

Soal Air Laut Sampai Monas, Pengamat: Semua Sudah Tahu

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: 20Detik Foto: 20Detik
Jakarta - Kementerian ESDM melalui Badan Geologi melakukan kajian terkait penurunan permukaan tanah. Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, air laut sudah mencapai wilayah Monas bagian utara.

Menanggapi hal itu, Pengamat Tata Kota Yayat Supriyatna mengatakan bahwa hal tersebut adalah benar. Dia bilang, semua pihak sebenarnya sudah mengetahui mengenai wilayah pantai utara Jakarta yang terus-menerus mengalami penurunan tersebut. Langkah aksi penanganan menjadi pertanyaan selanjutnya.

"Ya semuanya kan sudah tahu bahwa wilayah pantai utara Jakarta ini terus-menerus mengalami penurunan. Semakin lama semakin jauh dari permukaan lautnya," kata Yayat saat dihubungi detikcom, Selasa (15/10/2019).

Dia bilang turunnya permukaan air laut juga sudah diketahui penyebabnya, di mana salah satunya adalah pengambilan air tanah yang berlebihan. Untuk itu, hal yang harus dipikirkan adalah bagaimana mencari solusi dari semua masalah itu.

"Pertanyaannya itu tadi apa yang harus dilakukan? Penyebabnya kan juga sudah diketahui. Semua sudah diketahui lah. Cuma apa yang harus dilakukan," ungkapnya.



"Kalau sekedar masalah dan masalah semua sudah tahu. Cuma bagaimana solusi atas masalah itu harus disampaikan," sambung Yayat.

Untuk diketahui, tercatat hingga 2013 permukaan tanah di Jakarta sudah turun 40 meter dari asalnya, khususnya di Jakarta bagian utara. Penurunan itu akumulasi dari puluhan hingga ratusan tahun.

Meski begitu, dari 2013 hingga 2018 penurunan permukaan tanah di Jakarta menunjukkan perbaikan. Dari yang tadinya turun 40 meter, di 2018 penurunannya jadi 35 meter.

Bukti dari penurunan permukaan tanah juga bisa dilihat dari beberapa hal yang kasat mata, seperti turun dan miringnya bangunan gedung di wilayah Jakarta Utara.



Simak Video "Jokowi Minta Konten dan Pekerja Lokal Diberdayakan di Blok Masela"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com