Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Okt 2019 08:42 WIB

Pesawatnya Retak, Garuda Pengin Boeing Ganti Rugi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
1 Garuda Kandangkan Satu Pesawat
Halaman 2 dari 3
Foto: Fitraya/detikTravel Foto: Fitraya/detikTravel

Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra memastikan satu pesawatnya mengalami keretakan. Sebab itu, pesawat itu harus dikandangkan.

Demikian disampaikan pria yang akrab disapa Ari di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jakarta, Rabu (16/10/2019).

"Satu (grounded) hanya satu tenang saja," katanya.

Ari menuturkan, adanya temuan retakan pada pesawat menunjukkan jika perawatan pesawat Garuda bagus. Sebab, bisa menemukan retakan tersebut.

"Yang di-cracking sudah kami grounded justru menunjukkan Garuda maintenance bagus karena bisa menemukan itu," terangnya.

Sebelumnya, Direktur Kelaikudaran dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Avirianto, mengatakan pihaknya telah memerintahkan maskapai yang mengoperasikan pesawat Boeing 737NG untuk segera melakukan instruksi sesuai Airworthiness Directive 19-10-003.

"Saat ini maskapai yang mengoperasikan pesawat B737NG adalah Garuda Indonesia sebanyak 73 pesawat, Lion Air sebanyak 102 pesawat, Batik Air sebanyak 14 pesawat, dan Sriwijaya Air sebanyak 24 pesawat," jelas Avirianto.

Avirianto juga menambahkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh DKPPU per 10 Oktober 2019 ditemukan 1 pesawat B737NG milik Garuda Indonesia mengalami keretakan yang berumur lebih dari 30.000 FCN dan 2 pesawat milik Sriwijaya Air.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com