Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Okt 2019 11:44 WIB

Sah! Lima Orang Ini Jadi Anggota BPK

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Pelantikan Anggota BPK di Gedung MK (Danang Sugianto/detikFinance) Foto: Pelantikan Anggota BPK di Gedung MK (Danang Sugianto/detikFinance)
Jakarta - Lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terpilih untuk periode 2019-2014 hari ini resmi dilantik. Mereka dilantik di Mahkamah Agung.

Kelima anggota yang sudah disahkan dalam rapat Paripurna DPR itu hari ini mengucap sumpah dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

"Kami bersedia (untuk bersumpah)," ucap sumpah kelima orang itu di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (17/10/2019).


Selesai mengucap sumpah mereka menandatangani Berita Acara Pengambilan Sumpah. Acara ini pun turut dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain itu terlihat pula para menteri seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Sofyan Djalil serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Setelah acara pengambilan sumpah ini anggota BPK yang baru bersama dengan 4 anggota lainnya yang belum habis masa jabatan akan melakukan sidang badan. Sidang itu untuk menentukan siapa yang akan menjadi Kepala BPK.


Seperti diketahui, sebelum diresmikan Paripurna, kelima anggota BPK ini dipilih oleh Komisi XI DPR RI melalui voting. Pemilihan anggota BPK dilakukan oleh seluruh anggota Komisi XI DPR RI, yakni 56 orang dari 10 fraksi, dengan total perolehan suara sebanyak 280 suara.

Adapun kelima anggota terpilih BPK sebagai berikut:
  • Pius Lustrilanang dengan perolehan 43 suara
  • Daniel Lumban Tobing dengan perolehan 41 suara
  • Hendra Susanto dengan perolehan 41 suara
  • Achsanul Qosasi dengan perolehan 31 suara
  • Harry Azhar Azis dengan perolehan 29 suara


Simak Video "KPK Tunggu Hasil Audit BPK Terkait Kasus RJ Lino"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com