Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Okt 2019 13:53 WIB

Sri Mulyani Ingatkan Anggota Baru BPK Pegang Sumpahnya

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Jakarta - Hari ini lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) baru telah mengucap sumpah. Mereka resmi menjabat dengan periode 2019 hingga 2024.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun turut hadir dalam acara sumpah jabatan di Mahkamah Agung (MA) itu. Mewakili pemerintah yang keuangannya turut diperiksa BPK, dia berharap agar anggota yang baru bisa memperkuat BPK.

"Kualitas tata kelola dari keuangan negara selama ini juga partner antara pemerintah dengan BPK berjalan sangat baik. Mereka di dalam temuan temuan dan rekomendasinya selalu berwujud bagaimana memperbaiki tata kelola dari keuangan negara," ujarnya di Gedung MA, Jakarta, Kamis (17/10/2019) .

"Penerimaan negara, belanja negara, pengelolaan aset itu semua tujuannya memperbaiki. Saya berharap spirit untuk memperbaiki tata kelola akan terus ditingkatkan ya sehingga keuangan negara bisa dipakai untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat," tambah Sri Mulyani.



Komposisi anggota BPK saat ini cenderung sama, mayoritas diisi dari kalangan politik. Sri Mulyani pun berharap mereka tetap bisa bekerja secara profesional.

Sri Mulyani juga berharap agar anggota BPK bisa terus mengingat sumpah yang telah diucapkan hari ini. Inti dari sumpah yang diucapkan salah satunya terkait dengan integritas.

"Iya sumpahnya mereka sangat serius banget kan. Dari sisi mereka tidak menerima apapun dan dijanjikan apapun. Jadi walaupun politisi non politisi ya tetap saja masalah conflict of interest dan tata kelola merupakan bagian yang sangat penting dari tugas pengelolaan keuangan negara," tutupnya.



Simak Video "Sri Mulyani Lanjut Jadi Menteri Keuangan RI"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com