Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Okt 2019 14:04 WIB

Capaian Jonan Selama 5 Tahun Jadi Menteri Jokowi

Anisa Indraini - detikFinance
1 Capaian saat Jadi Menteri ESDM
Halaman 2 dari 2
Foto: Istimewa Foto: Istimewa

1. Meningkatnya Rasio Elektrifikasi

Salah satu pencapaian Jonan selama menjabat sebagai Menteri ESDM adalah meningkatnya rasio elektrifikasi. Peningkatan tersebut kini menjadi 98,9% dari sebelumnya 85%. Jonan menargetkan, ke depan rasio elektrifikasi bisa mencapai 99% di akhir 2019 dan di 2020 bisa 100% wilayah Indonesia dapat menikmati listrik.

2. BBM Satu Harga

Pencapaian Jonan lainnya adalah meresmikan Program Penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga. Pada 10 Mei 2019, Jonan meresmikan BBM satu harga di Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia didampingi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Terkait peresmian penyalur BBM Satu Harga di NTT, Jonan mengharapkan perekonomian masyarakat dapat meningkat seiring turunnya harga sembako.

"Kami berhasil membangun 170 titik artinya 170 kecamatan, Papua istilahnya distrik lah. Nah 170 kecamatan dan distrik. Pak masih banyak? Betul. Makanya saya usulkan ke Pak Presiden nanti sampai 2020 sampai 2024 dalam lima tahun ke depan harus bangun lagi minimal 330," ujar Jonan kepada detikcom.

"Jadi sampai 500. Kenapa? Kira-kira ada 1.000 kurang lebih, 1.000 kecamatan yang nggak ada SPBU-nya. Hampir 1.000 mungkin 800 sekian," tambahnya.

3. Kebijakan B20

Capaian selanjutnya ialah bauran energi di mana pemerintah telah menerapkan program biodiesel 20% atau B20. Tahun depan, pemerintah akan meningkatkannya menjadi B30.

Jonan mengakui, polusi udara yang terjadi belakangan ini sudah mengkhawatirkan. Oleh karenanya, salah satu solusinya dengan kendaraan listrik.

Program B20 dan kendaraan listrik menjadi upaya pemerintah menekan impor BBM dan menyelamatkan devisa negara. Oleh karenanya, Jonan mengaku kedua program tersebut akan tetap berjalan.

4. Berhasil Mengambilalih 51% Saham Freeport

Kemudian, capaian yang tak kalah penting adalah pengambilalihan saham PT Freeport Indonesia (PTFI) di mana Indonesia kini pemegang saham mayoritas.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com