Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Okt 2019 17:30 WIB

BPK akan Fokus Pelototi Bansos hingga BPJS Kesehatan

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Gedung BPK/Foto: Istimewa Foto: Gedung BPK/Foto: Istimewa
Jakarta - Achsanul Qosasi merupakan salah satu dari 5 anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang mengucap sumpah jabatan hari ini. Ini merupakan periode kedua dia menjadi anggota BPK.

Di periodenya yang kedua, Achsanul ingin agar semua pemeriksaan yang dilakukan BPK lebih bermanfaat, baik untuk pemerintah maupun masyarakat. Untuk itu pihaknya akan menyesuaikan rencana strategi (renstra) dengan nawa cita pemerintah Jokowi periode kedua.

"BPK itu di dalam proposal saya ingin pemeriksaan kita lebih bermanfaat dan berkualitas maka dari itu di periode kedua saya akan ikuti nawa cita pemerintah yang menuju SDM unggul. Dengan begitu saya akan banyak membantu pemerintah dalam hal pemeriksaan, agar pemeriksaan bermanfaat untuk pemerintah dan masyarakat," ujarnya di Gedung MA, Jakarta, Kamis (17/10/2019).



Ke depannya, Achsanul akan fokus dalam pemeriksaan keuangan di bidang pendidikan dan infrastruktur. Tujuannya agar bisa memberikan tolak ukur efektivitas program-program pemerintah.

Selain itu dia juga akan fokus dalam pemeriksaan keuangan program-program sosial, seperti bansos dan BPJS. Tujuannya agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

"Termasuk juga public service itu seperti tentang BPNT, bansos, BPJS, itu lebih dirasa oleh rakyat ternyata, lebih bermanfaat bagi rakyat. Bagi pemerintah lebih mudah melakukan evaluasi apakah program-program yang dilakukan sudah benar atau belum," terangnya.

"Agar hasil pemeriksaan kita bisa diberikan kepada DPR sebagai alat pengawasan dan diberikan ke presiden sebagai untuk menguji efektivitas pemerintahan," tutupnya.



Simak Video "Diperiksa KPK, Rizal Djalil Janji Akan Kooperatif"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com