Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Okt 2019 13:13 WIB

RI Bikin Lembaga 'Amal' Bantu Negara Susah, JK: Ekonomi Kita Sudah Baik

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian Keuangan Foto: Dok. Kementerian Keuangan
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, ekonomi Indonesia sudah baik. Oleh karena itu, Indonesia mesti membantu negara-negara lain yang membutuhkan.

Demikian disampaikan JK saat meluncurkan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

"Karena negara seperti kita ini, yang kemajuan ekonominya sudah baik, anggota G-20, tentulah penting juga untuk saling membantu dengan negara-negara yang membutuhkan karena itulah perlu kerja sama ekonomi dengan negara-negara lain agar sesuai tujuan konstitusi itu meningkatkan perdamaian dunia," jelasnya.


JK menuturkan, perdamaian akan tumbuh sejalan dengan berkembangnya perekonomian. Maka itu, dibutuhkan sebuah lembaga yang bisa membantu negara-negara lain.

"Perdamaian juga akan tumbuh apabila ekonomi berkembang dan baik bagi kita semuanya. Karena itulah maka dibutuhkan lembaga kerja sama ekonomi ini, adalah sesuatu yang penting pada masa ini," ungkapnya.


JK melanjutkan, sudah cukup Indonesia untuk meminta bantuan. Menurutnya, waktunya Indonesia melakukan diplomasi 'tangan di atas' untuk membangun masyarakat dunia yang lebih baik lagi.

"Selalu saya gambarkan bahwa sudah cukup kita ini mempunyai prinsip kadang-kadang meminta bantuan. Sudah waktunya juga diplomasi tangan di atas untuk bersama-sama membangun masyarakat dunia yang lebih baik lagi," tutupnya.

Simak Video "Jusuf Kalla Ngaku Belum Tahu Soal Posisi Wantimpres"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com