Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Okt 2019 19:45 WIB

Ingatkan Menteri Baru soal Target Pajak, Sri Mulyani: Presiden Ingin Cepat

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjabarkan sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang menunggu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua 2019-2024. Intinya apa yang perlu dikerjakan berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi bagaimana terus kita bisa menurunkan kemiskinan, mengurangi kesenjangan, memperbaiki fasilitas umum dan fasilitas masyarakat seperti infrastruktur sampai ke pelosok," kata dia ditemui di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Berikutnya adalah PR dalam hal mengumpulkan penerimaan negara dan bagaimana membelanjakannya secara efektif.

"Penerimaan pajak bisa meningkat dan belanja semakin baik sehingga masyarakat betul-betul bisa mendapatkan manfaat maksimal dari setiap rupiah yang dibelanjakan untuk kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Sri Mulyani juga menceritakan kesannya soal ritme kerja Jokowi yang terbilang cepat. Sebagai pembantunya di Kabinet Kerja, tentu Sri Mulyani harus mengimbanginya.


Baginya tak ada kata tidak bisa ketika Jokowi sudah memberikan perintah. Ketika diberikan instruksi dirinya harus selalu siap.

"Ya kalau beliau ingin cepat kan kita juga pertama harus mengatakan iya dulu karena kalau bilang 'wah nggak bisa' itu kan malah bikin masalah ya. Jadi iya dulu terus kemudian kita lihat persoalannya ada di mana," ujarnya.

Saat ada sebuah masalah, lanjut Sri Mulyani ketika presiden menginginkan besok pagi atau seminggu lagi, atau sebulan harus beres, bagaimana caranya harus bisa dikerjakan.

"Saya rasa bagus sih karena saya rasa juga masyarakat selalu ingin pemerintah itu bisa menyelesaikan masalah secara cepat walaupun nggak semua masalah segera selesai," tambahnya.



Simak Video "Canda Tawa Sri Mulyani dan Prabowo di Depan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com