ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 20 Okt 2019 13:45 WIB

Lipsus Sneakers Lokal Makin Nendang

Menakar Jokowi Effect pada Sneakers Lokal

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Fenomena Sneakers Lokal (Istimewa/Saint Barkley) Foto: Fenomena Sneakers Lokal (Istimewa/Saint Barkley)
Jakarta - Sneakers kini menjadi barang yang tak asing melekat pada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sepatu itu beberapa di antaranya dibeli langsung Jokowi saat berkunjung ke event sneakers.

Salah satu sneakers yang pernah dibeli Jokowi ialah Saint Barkley, brand asal Bandung.

Terkait hal itu, Chief Operational Officer Saint Barkley, Muhammad Helmi Imaduddin mengatakan, pembelian sneakers yang dilakukan Jokowi memberi dampak terhadap penjualan Saint Barkley.

"Sangat (berdampak) hahaha.. Ini terlepas orientasi politik, kita mah pedagang dibeli Presiden yaudah kita dapat promosi gratis. Sangat kerasa efeknya," ujar pria yang disapa Ami itu kepada detikcom, Selasa (15/10/2019).


Tak secara rinci, Ami menjelaskan, konsumennya selama ini rata-rata berusia 15 sampai 35 tahun. Sisanya, di bawah 15 tahun dan di atas 35 tahun jumlahnya sedikit.

Sejak dibeli Jokowi, Ami mengaku sneakersnya diburu oleh orang-orang 'berumur', dari kalangan ibu-ibu sampai pegawai negeri sipil (PNS).

"Kalau Barkley mah disurvei yang paling banyak 15-35 tahun, di bawah 15 ada di atas 35 ada, cuma dikit. Kalau yang berumur setelah Jokowi effect, banyak yang datang ke sini kaya PNS atau ibu-ibu 'saya pengen sepatu Jokowi'. Oh yaudah deh, karena produksi sedikit jadi memang langsung abis aja, bukan karena demand aja banyak kita bikin lagi, nggak, yaudah nggak bikin lagi aja," jelasnya.

Ami pun bercerita, Jokowi membeli sneakersnya saat gelaran kedua Jakarta Sneakers Day. Kala itu, hanya Saint Barkley yang merupakan brand dalam negeri. Sementara, presiden memang berniat untuk membeli sepatu made in Indonesia.

"Jadi singkat cerita, Saint Barkley ikutan Jakarta Sneaker Day Maret 2018 lah, itu adalah tahun kedua. Tahun pertama nggak ada brand lokal. Tahun kedua, JSD pengen ada brand lokal minimal satu dan Saint Barkley kepilih nggak tahu polling, pokoknya Saint Barkley untuk buka booth di sana," jelasnya.



"Kita satu-satunya brand lokal JSD kebetulan RI 1 mau datang juga ke acara, terus ada rumor mau beli brand lokal, otomatis di sana brand lokal satu-satunya kita, jadi yaudah datang ke booth kita beli sepatu," terangnya.



Simak Video "Koleksi Sneakers, Investasi Kekinian Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com