Besok Diumumkan, Ini Calon Kuat Menteri Ekonomi Periode II Jokowi

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 20 Okt 2019 15:49 WIB
2.

Calon Kuat menteri Ekonomi

Besok Diumumkan, Ini Calon Kuat Menteri Ekonomi Periode II Jokowi
Foto: Edi Wahyono

Sejumlah tokoh meramaikan bursa calon menteri Jokowi di sektor perekonomian. Siapa saja yang terkuat?

Untuk Menko Perekonomian ada beberapa nama kandidat seperti Sri Mulyani yang kini duduk di kursi Menkeu, Airlangga Hartarto yang saat ini menduduki Menperin, Gubernur BI Agus Martowardojo, sampai Mahendra Siregar. Nama Sri Mulyani jadi calon Menko Perekonomian terkuat versi pembaca detikcom.

Para pembaca setia detikcom atau Detikers melalui program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' telah mengusulkan nama-nama calon menteri. Para calon menteri pilihan Detikers bisa disimak selengkapnya di sini.

Posisi Menteri Keuangan kabarnya akan kembali diisi oleh menteri petahana Sri Mulyani. Detikers mengusulkan Chatib Sabsri hingga Agus Martowardojo.

Calon Menteri BUMN nama Ketua TKN Erick Thohir sempat menguat, sementara Detikers menempatkan Budi Karya Sumadi disusul Dwi Sutjipto dan Rudiantara. Nah untuk posisi Menteri PPN/ Kepala Bappenas kabarnya masih diisi menteri incumbent, Bambang Brodjonegoro.

Menteri Pertanian kabarnya datang dari Gerindra yakni Waketum Edhy Prabowo. Basuki Hadimuljono kabarnya tetap akan di posisi Menteri PUPR, sementara untuk posisi Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian masih membayang, diisukan ada Sandiaga Uno menjadi kanddiat namun belum kuat.

Detikers menjagokan Erick Thohir dan Nadiem Makarim di dua teratas posisi menteri tersebut.

Sementara itu untuk posisi Menaker Detikers mengunggulkan Budiman Sudjatmiko, Ganjar Pranowo, sampai Saifullah Yusuf. Untuk Kementerian Desa dan PDT kabarnya akan diisi kader PDIP, ada beberapa nama yang menguat salah satunya Bambang Wuryanto (Bambang Pacul).

Untuk posisi Kementerian Agraria dan Tata Ruang kabarnya juga masih diisi menteri incumbent. Kursi Menteri Koperasi dan UMKM kabarnya akan diisi istri menteri incumbent AA Gede Ngurah Puspayoga, Gusti Ayu Bintang Darmavati.

Terus ikuti prediksi menteri di sektor kemaritiman dan investasi, hingga PMK di berita berikutnya.

(kil/dna)