googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/finance/pop_ups', [785, 440], 'div-gpt-ad-1574092191519-0').addService(googletag.pubads());
ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 20 Okt 2019 20:30 WIB

Jokowi Pangkas Jumlah Eselon, Ambil Keputusan Bakal Lebih Cepat?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: (Andhika Prasetia/detikcom). Foto: (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam 5 tahun ke depan bakal memangkas birokrasi dengan menyederhanakan eselonisasi. Menurutnya eselon I sampai IV terlalu banyak.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Periode Pertama Kabinet Kerja Bambang Brodjonegoro menilai rencana tersebut sebagai langkah yang bagus.

Jika eselon di kementerian dirampingkan menurutnya akan membuat rantai pengambilan keputusan menjadi lebih pendek.

"Ya menurut saya itu bagus, artinya eselonnya dirampingkan, disederhanakan supaya nggak terlalu panjang rantai pengambilan keputusan ya," kata dia usai menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kompleks DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).


Menurutnya jumlah eselon yang saat ini mencapai 4 level itu membuat pengambilan keputusan lebih lambat. Hal itu disebabkan panjangnya mata rantai pengambilan keputusan.

"(Kalau rantai pengambilan keputusan terlalu panjang) ya kan berarti nanti slow semua proses," sebutnya.

Dia tak mengatakan secara jelas apakah rencana Jokowi soal itu bisa direalisasikan dalam waktu dekat. Tapi yang jelas itu sangat mungkin untuk diwujudkan.

"Mungkin (direalisasikan). Sangat mungkin. (Kapannya) ya dalam waktu ini lah," tambahnya.


Jokowi sebelumnya menjelaskan bahwa penyederhanaan regulasi diperlukan untuk mendukung investasi dalam rangka menciptakan lapangan kerja.

"Penyederhanaan birokrasi harus terus kita lakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan," kata Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidato pertamanya sebagai Presiden RI 2019-2024 saat sidang paripurna MPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Dia menegaskan birokrasi yang panjang harus dipangkas.

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa nggak kebanyakan?" ucapnya.

Simak Video "Batal Bertemu Jokowi, Relawan Tetap Hepi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com