Bos Gojek ke Istana, Bakal Jadi Menteri Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 21 Okt 2019 10:48 WIB
Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan susunan kabinet untuk periode II pemerintahannya. Nama-namanya bakal diumumkan hari ini.

Pantauan detikcom di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2019), pendiri serta CEO Go-Jek Nadiem Makarim hadir di Istana mengenakan kemeja putih dan celana bahan hitam.

Nadiem belum menjelaskan apa maksud kedatangannya berkaitan dengan tawaran sebagai menteri. Dia hanya mengatakan dipanggil oleh presiden.

"Saya dipanggil presiden. (Diminta pakai kemaja putih?) nanti tunggu presiden ya," jawabnya singkat.


Pengamat ekonomi INDEF Eko Listiyanto mengatakan posisi yang kemungkinan diisi oleh Nadiem adalah kementerian digital dan ekonomi kreatif. Kementerian tersebut akan menjadi nomenklatur baru yang sebelumnya adalah Badan Ekonomi Kreatif.

"Dugaan saya akan ada di kementerian yang ada kaitannya dengan teknologi," katanya kepada detikcom.

"Ini kan butuh orang-orang yang memang punya pemikiran berbeda begitu dan ini kayaknya perlu anak-anak muda yang sudah punya pengalaman di luar negeri, jaringan bisnisnya luar," tambah Eko.

Berdasarkan survei yang dilakukan detikcom, nama Nadiem Makarim sendiri dijagokan untuk mengisi posisi Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian, bersama dengan Erick Thohir.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan akan mengumumkan susunan kabinet hari ini. Namun pelantikan bisa dilakukan menyusul.

"Bisa hari Senin, bisa hari Selasa, bisa hari Rabu," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Minggu (20/10).



Simak Video "Resmi Jadi Mendikbud-Ristek, Nadiem: Bidang yang dekat di Hati Saya"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)