googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/finance/pop_ups', [785, 440], 'div-gpt-ad-1574092191519-0').addService(googletag.pubads());
ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 21 Okt 2019 14:16 WIB

Jadi Calon Kuat Menko Perekonomian? Airlangga: Tunggu Rabu

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Matius Alfons/detikcom) Foto: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Airlangga Hartarto bakal kembali menjadi menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024. Dia belum mau menjelaskan bakal menjabat sebagai menteri apa selanjutnya.

Isu yang santer terdengar dirinya menjadi calon kuat Menteri Koordinator Perekonomian. Tapi saat dikonfirmasi dirinya tidak mau menyebutkan posisinya 5 tahun ke depan.

"(Jadi Menko Perekonomian?) tunggu Rabu besok," kata dia usai bertemu Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2019).


Meksi begitu, yang jelas dia mengaku siap untuk kembali menjabat sebagai menteri di kabinet Jokowi selanjutnya. Sebelumnya Airlangga telah menjabat sebagai Menteri Perindustrian di kabinet pertama.

"Insyaallah kami siap mendukung Pak Presiden, Pak Jokowi-Ma'ruf Amin sampai periode 2024," sebutnya.

Lalu saat ditegaskan kembali soal posisinya nanti, dia mengatakan akan berkaitan dengan tantangan di bidang perekonomian.

"Terkait dengan tantangan-tantangan di sektor perekonomian," tambahnya.

Airlangga sendiri diminta Jokowi untuk mengatasi beberapa masalah. Seperti memperbaiki defisit neraca dagang dengan mendorong ekspor, menekan impor migas dan mengurusi Kawasan Industri Morowali.


Tugas untuk memperbaiki defisit neraca dagang memang salah satunya diemban oleh Menteri Perdagangan yang posisinya di bawah Menko Perekonomian. Sementara urusan Kawasan Industri Morowali pernah ditangani oleh Menko Perekonomian sebelumnya Darmin Nasution.

Nama Airlangga juga masuk dalam program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' yang dibuat detikcom. Nama dia masuk dalam jajaran 6 calon terkuat jadi Menko Perekonomian dengan hasil polling 3,55%.

Simak Video "Menerka Tim Ekonomi di Kabinet Baru Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com