Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 21 Okt 2019 20:04 WIB

Dikabarkan Jadi Mentan, Begini Profil Edhy Prabowo

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo (Andhika Prasetia/detikcom) Foto: Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Waketum Gerindra Edhy Prabowo masuk dalam radar calon menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua. Edhy menjadi calon kuat untuk mengisi posisi Menteri Pertanian (Mentan). Bersama Ketum Gerindra Prabowo Subianto, dirinya datang ke Istana Negara untuk bertemu Jokowi hari ini.

Edhy Prabowo sendiri awalnya dikenal masyarakat sebagai atlet pencak silat nasional. Namanya moncer kala berjaya di event Pekan Olahraga Nasional (PON), dia juga pernah mengikuti kejuaraan tingkat mancanegara.

Namun, Edhy menutup karirnya sebagai atlet, dia memilih memulai karier sebagai tentara dimulai pada 1991. Kala itu dia berhasil diterima menjadi anggota Akabri di Magelang, Jawa Tengah. Sayang kariernya jadi tentara juga sebentar, di militer dirinya hanya bertahan dua tahun.

Setelah itu ia merantau ke Jakarta dan diperkenalkan dengan Prabowo Subianto yang kala itu masih berpangkat Letkol dan menjabat Dangrup III TNI AD. Edhi dan Prabowo berkenalan di salah satu acara pesta di bilangan Pantai Ancol.

Prabowo akhirnya menampung Edhy dan teman-temannya, khusus buat Eddy, dia dibiayai Prabowo mengenyam ilmu pendidikan Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo.

Seiring waktu berjalan, Edhy akhirnya menjadi orang kepercayaan Prabowo. Dia menjadi orang yang mendampingi jenderal bintang tiga tersebut saat berdomisili di Jerman dan Yordania.

Setelah Prabowo mendirikan Partai Gerindra, Edhy akhirnya memberanikan diri menjadi caleg di kampung halamannya yakni Dapil Sumatra Selatan II. Di tempat itu, Edhy harus bersaing dengan sejumlah politisi senior seperti Mustafa Kamal, Dodi Alex Nurdin, dan Nazarudin Kiemas. Edhy pun berhasil menjadi caleg kelima yang memperoleh suara terbanyak.

Terakhir, Edhy menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk Dapil Sumatra Selatan I setelah memperoleh 75,186 suara. Edhy Prabowo dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional DPP Partai Gerindra sejak 2012 hingga sekarang.


Edhy dikabarkan menjadi Menteri Pertanian, hal ini cukup masuk dalam keahliannya. Pada 2014-2019, Edhy bertugas menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR-RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan dan pangan.

Selain itu, sejak tahun 2005 dirinya telah aktif berorganisasi di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan menjabat sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan HKTI.

Edhy pun dikenal sebagai pengusaha, dia mendirikan perusahaan jasa keaamanan, PT Garuda Security Nusantara dan menjabat menjadi Presiden Direktur. Dia juga sempat menjadi Komisaris di PT. Kiani Lestari Jakarta, perusahaan kertas milik Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto.

Berdasarkan hasil polling kandidat Menteri Pertanian pilihan detikers, ada sejumlah nama yang dijagokan untuk mengisi posisi tersebut. Salah satunya Edhy Prabowo dengan hasil 14,18%.

Selain Edhy Prabowo, nama lain yang masuk dalam polling menjadi Mentan ialah Nurdin Abdullah, Dwi Andreas Santosa, Bayu Krisnamurti, Arif Satria, hingga Spudnik Sujono. Hasil polling tersebut dapat dilihat di laman berikut ini.



Simak Video "Menteri KKP Blusukan Perdana ke Muara Angke"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com