Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Okt 2019 12:25 WIB

Ditunjuk Jadi Menkeu Lagi, Ini Profil Sri Mulyani

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Sri Mulyani ke Istana (Andhika/detikcom) Foto: Sri Mulyani ke Istana (Andhika/detikcom)
Jakarta - Sri Mulyani Indrawati kembali dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat Menteri Keuangan (Menkeu) di periode 2019-2024. Sri Mulyani telah menjabat sebagai Menkeu di kabinet pertama Jokowi mulai 2016 lalu.

Dalam catatan detikcom, Sri Mulyani berasal dari keluarga yang bergelut di bidang pendidikan. Ayah dan ibunya, merupakan seorang dosen.

Sri Mulyani menyelesaikan studinya di Universitas Indonesia dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi. Dia kemudian memperoleh gelar Master dan Doctor di bidang Ekonomi dari University Illinois di Urbana-Champaign.

Sebelum menjadi Menteri Keuangan, Sri Mulyani pernah mencicipi jabatan sebagai Kepala Bappenas pada tahun 2004-2005.


Singkat cerita, pada 2008-2009 dia pernah menjadi Pelaksana Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Boediono yang saat itu dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI).

Namun, pada 1 Juni 2010 ia memilih untuk bergabung di World Bank sebagai Direktur Pelaksana. Jabatan tersebut ia emban hingga 2016, sebelum akhirnya dipinang Presiden Joko Widodo untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan, sejumlah penghargaan bergengsi pun berhasil diraihnya. Mulai dari penghargaan menteri keuangan terbaik versi majalah Finance Asia. Perempuan kelahiran Bandar Lampung itu mendapat penghargaan sebagai menteri terbaik dunia tiga kali berturut-turut.

Kini, Sri Mulyani kembali dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan. Sri Mulyani merupakan satu-satunya perempuan yang menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia.



Simak Video "Kembali Jadi Menkeu, Sri Mulyani Urusi Pajak dan Utang Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com