googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/finance/pop_ups', [785, 440], 'div-gpt-ad-1574092191519-0').addService(googletag.pubads());
ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Okt 2019 13:37 WIB

Resep Sri Mulyani Berprestasi dan Masuk Kabinet Jokowi Lagi: Kerja dan Doa

Erwin Dariyanto - detikFinance
Sri Mulyani Indrawati, masuk kabinet Jokowi lagi (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari) Sri Mulyani Indrawati, masuk kabinet Jokowi lagi (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta -

Sri Mulyani Indrawati kembali masuk kabinet Jokowi 2019. Perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini akan kembali didapuk sebagai Menteri Keuangan. Ini adalah ketiga kalinya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjabat Menkeu.

Dia menjabat Menkeu di dua Presiden yang berbeda, yakni Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo (Jokowi). Selama menjadi Menteri Keuangan pun dia banyak menyabet prestasi. Pada 2018, Sri Mulyani mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Sebelumnya dia mendapat penghargaan dari Singapore Institute of International Affair (SIIA).

Biodata Sri Mulyani lainnya yakni dia pernah dinobatkan sebagai salah satu pemimpin yang berpengaruh dalam perkembangan Asia atau Leader in Rising Asia. Tahun 2008, istri dari Tonny Sumartono ini dinobatkan sebagai Finance Minister of The Year 2008 for Asia.

Penghargaan tersebut diberikan oleh harian 'Emerging Markets'. Menurut Emerging Markets, Sri Mulyani terpilih kembali berdasarkan tiga alasan, di antaranya pencapaiannya dalam mendorong kinerja ekonomi Indonesia hingga mencapai di atas 6% tahun ini meskipun terdapat tekanan inflasi.

Selain itu, tahun 2018 Sri Mulyani dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan asal Hong Kong, FinanceAsia. Penghargaan ini sebelumnya juga telah diterima Sri Mulyani tahun sebelumnya. Sederet prestasi itu bisa jadi bahan pertimbangan, Sri Mulyani masuk lagi di kabinet Jokowi 2019.


Apa resep Sri Mulyani Indrawati menjadi menteri keuangan terbaik?

Kepada detikcom Sri Mulyani yang saat mudanya kuliah di Universitas Indonesia ini mengaku tak ada resep khusus. Dia hanya bekerja sebaik-baiknya. "Resepnya ndak ada (khusus) ya, kerja saja dan doa," kata Sri Mulyani kepada Tim Blak blakan detikcom, April 2019 lalu.

Sayang, ketika itu Sri Mulyani belum menyebut doa khusus yang dia baca agar menjadi menteri berprestasi. Namun dia yakin, generasi setelah dia bahkan generasi milenial saat ini bisa lebih berprestasi.

Masuk kembali di kabinet Jokowi 2019, Sri Mulyani pun mendapat arahan khusus dari Presiden. Salah satunya dia diminta meningkatkan peran UMKM. Dari sisi makro ekonomi Jokowi meminta masalah defisit neraca dagang dan neraca pembayaran bisa dituntaskan.

"Jadi ketahanan ekonomi terus ditingkatkan, meningkatkan supply chain, investasi, UMKM," kata Sri Mulyani.





Simak Video "Sri Mulyani Temukan 'Desa Hantu', Anggota Komisi XI: Jangan Terkejut"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com