Jadi Menteri Lagi! Basuki 40 Tahun Mengabdi, Terlama di PUPR

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 22 Okt 2019 13:50 WIB
Foto: Basuki Hadimuljono merapat ke Istana (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Basuki Hadimuljono kembali masuk ke dalam jajaran menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru. Hal tersebut disampaikan Basuki usai bertemu dengan Jokowi di Istana Presiden, Jakarta, siang ini.

"Beliau (Jokowi) menyampaikan untuk bisa melanjutkan pembangunan infrastruktur seperti disampaikan dalam visinya meng-connect-kan apa yang sudah dibangun ke kawasan pariwisata, kawasan industri, kawasan ekonomi," kata Basuki di Istana, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Basuki mengaku menerima perintah Presiden Jokowi saat ditunjuk kembali masuk ke dalam kabinet. Dengan kembali terpilihnya Basuki ke dalam kabinet, maka masa bakti pria berusia 64 tahun tersebut kini menjadi yang paling lama di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Saya ini 40 tahun kerja di PU. Jadi kalau kerja lagi, saya paling lama kerja di PU. Buat saya 13 tahun jadi eselon 1 di 4 posisi," ungkapnya.



"Jabatan buat saya adalah perintah. Tidak hanya amanah dari Allah SWT, tapi juga perintah dari atasan," kata Basuki.

Basuki Hadimuljono merupakan lulusan Teknik Geologi Universitas Gajah Mada angkatan 1979. Dia juga menyelesaikan pendidikan Master of Science di Civil Engineering Colorado State University, AS, 1989 dan Doctor of Philosophy, Civil Engineering di universitas yang sama pada 1992.

Sepulangnya ke Tanah Air, Basuki kala itu merupakan satu-satunya pegawai Kementerian PU lulusan S3. Kariernya pun perlahan pasti menanjak hingga akhirnya menjadi dirjen pada usia 49 tahun.



Simak Video "Menteri Basuki Hibur Tamu di ITB di Sela Pemberian Doktor Kehormatan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/dna)