Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Okt 2019 14:45 WIB

Bahlil Lahadalia, dari Sopir Angkot ke Calon Menteri Kabinet Jokowi 2019

Erwin Dariyanto - detikFinance
Foto: Bahlil Lahadilai Dipanggil ke Istana (Danang Sugianto/detikcom) Foto: Bahlil Lahadilai Dipanggil ke Istana (Danang Sugianto/detikcom)
Jakarta -
Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Bahlil Lahadalia turut dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara, Selasa 22 Oktober 2019. Pria kelahiran Banda, Maluku Utara, 7 Agustus 1976 itu disebut akan masuk kabinet Jokowi 2019.


Bahlil meritis karier dan bisnis dari nol. Dia terlahir dari keluarga dengan ekonomi pas-pasan. Ayahnya seorang kuli bangunan dan sang ibu bekerja sebagai tukang cuci. Namun itu tak membuatnya menyerah. Keulatan dan ketekunan membawanya menjadi pengusaha sukses dan akhirnya didapuk menjadi Ketua Umum Hipmi.

Sejumlah profesi pernah dilakoni pria asal Fakfak, Papua ini. Mulai dari tukang kue semasa kecil, seorang kondektur, hinga menjadi sopir angkot pun dia jalani. Dengan kerja keras itulah dia berhasil. Kursi Ketua Umum Hipmi yang biasanya hanya bisa diduduki anak pengusaha besar itu pun dia raih. Kini Bahlil Lahadalia menatap kursi di kabinet Jokowi 2019.



"Dari kecil sejak SD saya itu memang sudah jualan kue ya. Itu terjadi bukan karena ingin, saya juga dulu nggak ingin jadi pengusaha. Tapi karena itu keterpaksaan. Karena memang keluarga saya itu, mamah saya itu kan laundry di rumah orang, pembantu rumah tangga. Bapak saya itu buruh bangunan, gajinya Rp 7.500/hari," kata Bahlil dalam perbincangan dengan detikFinance yang tayang 24 April 2018.

Hasil dari berjualan kue itu kemudian digunakan untuk membantu perekonomian keluarga, juga membeli buku dan peralatan sekolah. Bahlil berjualan kue hingga SMP. Dia juga menyambi menjadi kondektur Angkotan Perkotaan (angkot) dan jualan ikan di pasar. Terus pernah jadi helper excavator dari kontraktor, itu pernah. Tinggal di hutan pada saat musim libur sekolah. Saya SMP kelas 3, saya di SMEA, itu jadi sopir angkot," kata Bahlil.



Selasa siang ini, Bahlil Lahadalia merapat ke Istana Negara, Jakarta Pusat. Seperti calon menteri lainnya yang dipanggil Jokowi, Bahlil juga mengenakan kemeja putih dan bawahan hitam. Dia mengaku datang ke Istana karena dihubungi tadi malam. Ia belum mengetahui posisi apa yang ditawarkan kepadanya di kabinet Jokowi 2019.
"Tadi malam. Belum-belum," tuturnya, Selasa (22/10/2019)



Simak Video "Soal Perwakilan Papua di Kabinet, Bahlil: Masa Masih Bicara Dikotomi?"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com