Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Okt 2019 10:32 WIB

Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri ESDM, Siapa Arifin Tasrif?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dok. KBRI Tokyo Foto: Dok. KBRI Tokyo
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya di periode kedua pemerintahan. Di sektor energi, Jokowi menunjuk Arifin Tasrif sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Arifin menggantikan menteri sebelumnya Ignasius Jonan. Arifin diberi tugas oleh Jokowi di antaranya mendorong energi terbarukan hingga mengurangi impor minyak dan gas bumi (migas). Siapa Arifin Tasrif?

Dalam catatan detikcom, Arifin merupakan Duta Besar Indonesia untuk Jepang di KBRI Tokyo. Ia merupakan satu dari tujuh belas duta besar yang dilantik Jokowi pada 13 Maret 2017 lalu.


Pengangkatannya sebagai duta besar itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 32 P Tahun 2016 dan Nomor 35 P Tahun 2017 tentang Pengangkatan Duta Besar RI, yang ditetapkan pada 10 Maret 2017. Saat itu, pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Jokowi.

Sebelum menjadi duta besar, Arifin tercatat pernah menjadi Direktur Utama PT Pupuk Indonesia hingga 2015. Setelah itu, posisinya di perusahaan BUMN ini digeser oleh Aas Asikin Idat.

Sebelum menjadi bos holding pupuk, Arifin pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Sriwijaya dan PT Petrokimia Gresik.

Sebagai tambahan, Arifin merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Kimia. Ia lulus di tahun 1972.



Simak Video "Usai Dilantik Komisaris, Ahok Hadiri Diskusi Energi"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com