Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Okt 2019 14:19 WIB

Jabatan Eselon Dipangkas, Basuki: yang Penting Gaji Tidak Berkurang

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menghilangkan jabatan eselon di kementerian. Menurutnya jabatan eselon saat ini terlalu banyak dan perlu dikurangi.

Menanggapi hal itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku tidak menolak gagasan itu. Namun dia berharap agar gaji yang diterima pejabat setingkat eselon yang akan dihilangkan tak berkurang.

"Yang penting take home pay-nya (gaji), supaya jangan berkurang, eselon dengan jabatan fungsional disesuaikan," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).


Saat ini di kementerian terdapat 4 tingkatan pejabat eselon yakni eselon I, eselon II, eselon III, dan eselon IV. Nantinya 4 level itu disederhanakan menjadi 2 saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan menghargai kompetensi.

Terkait dengan gaji, Basuki mengaku akan mengusulkannya kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) yang baru Tjahjo Kumolo. Sebab menurutnya hal itu penting guna mendorong kinerja pejabat kementerian agar mampu menjalankan visi presiden.

"Saya nanti diskusi dengan pak Tjahjo. Saya usulkan take home pay-nya jangan sampai berkurang. Kalau itu bisa kita jaga insyaallah akan bisa laksanakan perintah presiden," tutupnya.



Simak Video "Basuki Jabat Menteri PUPR: Presiden Minta Lanjutkan Infrastruktur"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com