Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Okt 2019 10:09 WIB

Puji Susunan Menteri Baru Jokowi, Dahlan Iskan: Kabinet Bagus

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jokowi bertemu Dahlan Iskan saat Masih Menjadi Gubernur DKI/Foto: Hasan Alhabshy Jokowi bertemu Dahlan Iskan saat Masih Menjadi Gubernur DKI/Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memuji susunan kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode kedua. Hal itu ia sampaikan di laman pribadinya disway.id.

Dahlan memberi judul tulisannya tersebut 'Kabinet Bagus'. Menurutnya, Jokowi sebagai penyusun kabinet tersebut mampu keluar dari tekanan banyak pihak.

"Saya harus memuji susunan kabinet baru ini. Berarti saya harus memuji yang menyusunnya: Presiden Joko 'Jokowi' Widodo," kata Dahlan seperti dikutip detikcom, Kamis (24/10/2019).

"Tentu tidak memuaskan semua orang. Apalagi semua partai. Tapi terlihat Presiden Jokowi bisa keluar dari tekanan banyak pihak," ujar dia.

Dahlan mengatakan, peran Luhut Binsar Pandjaitan masih dominan di kabinet. Luhut sendiri kini menjadi Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.



Menurut Dahlan, kehadiran Luhut di kabinet bisa menjadi tameng dari tekanan berbagai pihak, termasuk di parlemen.

"Memang Luhut Panjaitan masih terlihat dominan. Jabatan lamanya tetap: Menko Kemaritiman. Membawahi ESDM dan kelautan. Bahkan ditambah bidang investasi. Tapi --dari kacamata presiden-- itu pilihan yang tepat. Luhut bisa jadi bumper untuk berbagai tekanan. Dari perorangan maupun politisi. Termasuk dari parlemen," paparnya.

Ia menambahkan, Luhut merupakan tipe orang yang menyediakan diri untuk menjadi benteng demi kepentingan Presiden.

"Ia tipe orang yang menyediakan diri untuk jadi benteng. Demi kepentingan seorang presiden," katanya.

Dahlan Iskan melontarkan pujian terhadap pilihan Jokowi di hampir setiap posisi menteri. Untuk menteri di bidang ekonomi, Dahlan berpendapat kabinet kali ini disusun lebih demi mengkonsolidasikan berbagai pihak, sehingga kerja bisa tenang dan tentu harapannya target yang dicanangkan bisa dicapai.

"Dari segi kebersamaan, kabinet ini seperti hujan yang merata. Kekompakan kelihatan lebih utama," tulis Dahlan.



Simak Video "Kemen-PAN RB dan Komisi II Sepakat Hapus Tenaga Honorer"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com