Ada 9 BUMN 'Sakit', Apa Kabarnya Sekarang?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 24 Okt 2019 13:04 WIB
Halaman ke 1 dari 2
1.

Ada 9 BUMN 'Sakit', Apa Kabarnya Sekarang?

Ada 9 BUMN Sakit, Apa Kabarnya Sekarang?
Foto: Hendra Kusuma-detikFinance
Jakarta - Sebanyak 9 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pernah masuk penanganan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero). Lantaran, perusahaan-perusahaan itu mengalami masalah keuangan alias sakit.

Dari 9 BUMN itu, ada beberapa yang sehat, ada yang mulai bangkit, ada juga yang masih dalam kondisi tak berdaya alias mati suri.

Direktur Utama PT PPA Iman Rachman mengatakan, dari 9 pasien perusahaan BUMN, dua perusahaan sudah sehat. Sebutnya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang kini menjadi salah satu pemain besar sektor konstruksi dan PT Nindya Karya (Persero).

Dia menjelaskan, bentuk penyehatan alias restrukturisasi BUMN sendiri ada dua. Pertama menjadikannya anak usaha dan kedua PPA bertindak sebagai financial controller.

"Bentuknya ada dua, pertama menjadi anak usaha kita seperti Nindya dan Waskita," katanya di Kawasan Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Dia mengatakan, Waskita sendiri telah sehat dan dikembalikan ke pemerintah. Sementara, Nindya masih jadi anak usaha PPA. Nindya, lanjutnya, telah berkontribusi sekitar 80% laba PT PPA.

"Saya sampaikan tadi dari laba kami sudah kontribusi 80% jadi sudah sangat sehat. Walaupun kalau bicara Nindya dibanding karya yang lain dia lebih kecil," katanya.

Lanjut ke halaman berikutnya >>>