Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Okt 2019 17:35 WIB

Modus Baru Colong Minyak! Pipa Dilubangi Masuk ke Terowongan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: CNN.com Foto: CNN.com
Jakarta - Kasus pencurian minyak dari jaringan pipa terjadi di Blok Migas Rokan yang dikelola oleh PT Chevron Pacific Indonesia. Kasus ini diungkap oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas M Atok Urrahman menyatakan bahwa modus yang dilakukan dalam pencurian ini sangat tidak biasa. Menurutnya, oknum yang melakukan pencurian dinilai sudah ahli, modus yang digunakan adalah dengan membuat terowongan di bawah pipa yang mengalirkan minyak produksi siap jual.

Dari bawah terowongan, oknum pencuri melubangi pipa minyak. Lubang tersebut disambungkan dengan paralon kecil dari bawah terowongan dan mengalirkan minyak cukup jauh dari lokasi pipa produksi.

"Pencurian aset meningkat, khususnya di Chevron. Beberapa tahun aman, tapi sekarang semakin canggih. Orang-orang itu membuat terowongan yang terakhir ini sampai 100 meter," ujar Atok di kantornya, Jakarta, Kamis (24/10).


Atok menuturkan hingga kini, pihaknya sudah bergerak mengatasi kasus pencurian. Seluruh pipa yang terkena pencurian telah ditutup sementara. Meski begitu dia menyatakan masih mendalami kasus ini untuk mengetahui siapa oknum pencuri dan berapa kerugian yang terjadi imbas pencurian ini.

"Itu sekarang masih didalami, sementara ditutup dulu. Saya belum terima laporan lagi," kata Atok.


Atok mengatakan pihaknya dan Chevron selaku pengelola sudah melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib. Bahkan, sudah minta pengamanan kepada pihak TNI melakukan penjagaan terhadap aset milik perusahaan.

Atok mencatat kejadian pencurian telah terjadi dengan berbagai modus sejak 2012. Menurutnya, mayoritas kasus terjadi pada 2018 dengan jumlah kasus mencapai lebih dari 53 pencurian. Dia pun menduga modus pencurian terowongan ini telah terjadi sejak 2018.

Simak Video "Dua Kilang Minyak Arab Saudi Diserang"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com