Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Okt 2019 17:43 WIB

Sempat Dinonaktifkan, Jalur 6 Stasiun Manggarai Bakal Dioperasikan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Penumpukkan penumpang di Stasiun Manggarai (Ahmad Masaul/detikcom) Foto: Penumpukkan penumpang di Stasiun Manggarai (Ahmad Masaul/detikcom)
Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan kembali mengoperasikan jalur 6 di Stasiun Manggarai pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019. Pengoperasian jalur 6 tersebut juga akan diikuti dengan beroperasinya jalur 7 Stasiun Manggarai untuk perjalanan KRL.

Jalur 6 tersebut akan beroperasi kembali setelah pelaksanaan switch over (SO) atau penonaktifan jalur kereta sementara demi mendukung pembangunan pengembangan Stasiun Manggarai.

"Saat ini di Manggarai ada 8 jalur aktif. Dengan dioperasikannya jalur 6 dan 7 usai SO-3 ini, jalur aktif akan bertambah dari 8 menjadi 9 jalur," terang Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta-Banten pada Kementerian Perhubungan, Rode Paulus, di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Secara rinci, setelah SO-3 dilaksanakan, maka Stasiun Manggarai akan memiliki 9 jalur aktif. 7 jalur akan dioperasikan untuk perjalanan KRL, sedangkan 2 jalur dioperasikan untuk perjalanan kereta bandara.

Selain itu, peron di Stasiun Manggarai juga akan bertambah dari 7 peron menjadi 8 peron.

"Kemudian ada penambahan peron dari 7 menjadi 8 peron," imbuh Rode.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Manggarai Hendrik Muliyanto menjelaskan, setelah SO-3 selesai, jalur perjalanan KRL rute Jakarta-Bogor akan melintas di jalur 5,6, dan 7. Sedangkan, untuk perjalanan KRL rute Jakarta-Bekasi akan melintas di jalur 1,2,3, dan 4.

"Yang selama ini tujuan Bogor kami layani di jalur 5 dan 8, dengan selesai SO-3 ini kereta Bogor akan melintas di jalur 5, 6, dan 7. Untuk yang masih eksisting itu rute Bekasi di jalur 1,2,3, dan 4," urai Hendrik.

Sedangkan, untuk kereta Bandara akan melintas di jalur 8 dan 9 Stasiun Manggarai.

Kemudian, Kunto Wibisono Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan DDT Manggarai-Jatinegara menuturkan, dengan bertambahnya jalur, maka antrean kereta menuju Stasiun Manggarai diharapkan bakal berkurang 2 menit.

"Antrean kalau kemarin hanya beberapa jalur jadi sekarang nambah dua jalur lagi. Ibaratnya kereta kalau masuk Manggarai harus menunggu kereta keluar dan kita suruh menunggu 1 menit. Sehingga nanti antrean kereta akan berkurang waktunya 2 menit, karena antreannya di Manggarai akan lebih pendek," papar Kunto.

Sebagai informasi, jalur 6 dan 7 sempat dinonaktifkan dalam rangka pembangunan jalur kereta Bandara dan juga pengembangan Stasiun Manggarai.



Simak Video "Mulai 2021 Stasiun Manggarai Ambil Alih Layanan Kereta Jarak Jauh"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com