Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Okt 2019 18:04 WIB

Menteri BUMN Minta Wamen, Mendag Juga Nggak Ya?

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: agus suparmanto (Anisa Indraini/detikcom) Foto: agus suparmanto (Anisa Indraini/detikcom)
Jakarta - Agus Suparmanto telah resmi menjadi Menteri Perdagangan. Hari ini, ia menggelar jumpa pers untuk pertama kalinya setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin.

Saat disinggung mengenai kemungkinan dirinya mengajukan wakil menteri (Wamen), Agus mengatakan akan mengkomunikasikan terlebih dahulu oleh kelembagaan terkait.

"Kalau bicara soal Wamen kita akan komunikasi dulu dengan kelembagaan karena itu ada yang mengatur bagian kelembagaan," kata Agus di Kementerian Perdagangan, Kamis (24/10/2019).


Sampai saat ini tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya Agus akan mengajukan Wamen. Dia mengatakan, pengajuan orang nomor dua di Kementerian Perdagangan itu tergantung urgensi.

"Serta urgensinya juga dan disitu bukan saya putuskan sendiri jadi ini ada kebersamaan dengan kelembagaan," tuturnya.

Adapun saat ditanya kriteria Wamen yang diinginkan, dia belum mau berkomentar. Katanya, dia tidak ingin mendahulukan jika belum diputuskan.

"Seolah-olah nanti aturan belum keluar saya mendahulukan," katanya.


Setelah pelantikan kemarin, sejauh ini baru Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang secara terang-terangan mengajukan ingin memiliki Wamen. Dia sudah mengajukan 4 nama calon Wamen ke Jokowi dan kemungkinan akan diumumkan besok.

"Kita mengajukan beberapa nama. Beliau (Presiden Jokowi) menyeleksi malam ini, kemungkinan segera diangkat besok mungkin," ujar Erick usai sidang kabinet di Istana Presiden, Kamis (24/10/2019).

Simak Video "Mendag Sampaikan Doa dari 16 Negara Untuk Wiranto"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com