Erick Thohir Minta Wamen, Berapa yang Bakal Jokowi Restui?

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 25 Okt 2019 07:01 WIB
4.

Dipertanyakan Pengamat

Erick Thohir Minta Wamen, Berapa yang Bakal Jokowi Restui?
Foto: Pradita Utama

Menanggapi itu, Direktur riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengatakan, fungsi dari Deputi di kementerian BUMN selama ini sudah cukup mewakili menteri dalam menjaga lembaga BUMN-BUMN. Sehingga, kata Piter, Erick Thohir sebenarnya tidak perlu Wamen.

"Menurut saya selama ini peran dari Deputi Menteri BUMN itu sudah cukup optimal sehingga kalau pandangan saya pak Erick Thohir tidak memerlukan even 1 pun Wamen," katanya saat dihubungi detikcom, Kamis (24/10/2019).

Jika keberadaan Wamen ada dalam Kementerian BUMN, Piter mempertanyakan tugas Deputi ke depan. Artinya fungsi deputi bisa diambil oleh wamen.

"Kan Deputi sama aja dengan Wamen. Deputi itu kan wakil. Jadi kalau nambah 3 Wamen terus deputinya diapain? Bagaimana pembagian tugasnya? bagaimana struktur organisasinya?," tanyanya.

Lain halnya jika Erick Thohir meminta untuk ditambahkan Deputi. Hal itu jauh lebih masuk akal menurutnya. Sehingga masing-masing Deputi bisa lebih fokus untuk menangani BUMN yang dipegang.

"Kalau dia nambah deputi makes sense. Dari 6 jadi 9 Deputi agar semuanya fokus dari 142 BUMN dibagi-bagi lebih sedikit. Deputi menangani lebih fokus di BUMN yang dia pegang. Nah itu menurut saya oke," imbuhnya.

(toy/ang)