Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 25 Okt 2019 11:17 WIB

Profil Anak Bos Lippo Cikarang yang Jadi Wakil Mendag

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Jerry Sambuaga (Andhika Prasetya/detikcom) Foto: Jerry Sambuaga (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Jerry Sambuaga diminta presiden Joko Widodo untuk mengisi jabatan wakil menteri Perdagangan. Jerry Lahir di Jakarta 2 Juli 1985. Ayahnya, Theo L Sambuaga adalah Presiden Komisaris PT Lippo Cikarang seperti dikutip dari situs resmi Lippo Cikarang.

Mengutip jerrysambuaga.id, saat ini dia merupakan anggota partai Golkar yang juga mengajar sebagai dosen FISIP Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi.

Anak dari politisi Theo L Sambuaga ini menyelesaikan studi S1 nya di University of San Francisco, Amerika Serikat (AS). Kemudian dia melanjutkan S2 di Master of International Affairs in International Security Policy, Columbia University, School of International and Publlic Affair New York.


Lalu menyelesaikan S3 di Universitas Indonesia, Depok.

Jerry pernah menjadi researcher untuk direktur keamanan internasional dan Perlucutan Senjata (KIPS) pada Direktorat KIPS di Departemen Luar Negeri (Deplu) RI, yang bertugas mengeksplorasi dan melakukan riset masalah terorisme, keamanan internasional, dan isu mengenai pertahanan.

Pada tahun 2006, Jerry terlibat aktif sebagai Researcher dalam misi penjaga perdamaian dan resolusi konflik, tepatnya sebagai divisi politik pada Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB.

Jerry saat itu berkolaborasi sebagai Penasihat Khusus delegasi Indonesia di PBB. Setahun berikutnya yakni tahun 2007, Jerry terlibat dalam riset sebagai Researcher untuk ASEAN Regional Forum (ARF) di Sekretariat ASEAN, Jakarta yang secara spesifik menginvestigasi dan menganalisis masalah-masalah konflik teritorial, pertahanan, keamanan, terorisme, dan militer di wilayah Asia Tenggara.


Pada tahun 2008 - 2009, Jerry menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI yang secara spesifik menangani isu-isu luar negeri, khususnya terkait hubungan DPR RI dengan parlemen-parlemen asing. Dan setelah selesai menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI, Jerry kemudian menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPD RI dari tahun 2009 - 2016.

Di luar Golkar, Jerry juga aktif di beberapa Ormas, antara lain sebagai Wakil Sekretaris DPP Himpunan Pengusaha Kosgoro 1957, Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Ketua DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), dan Wakil Sekjen DPP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG). Saat ini Jerry menjabat sebagai Wakil Sekeretaris Jenderal DPP Partai Golkar dan juga sekaligus sebagai Wakil Ketua Umum DPP AMPI.

Simak Video "Politisi Golkar Jerry Sambuaga Ditunjuk Jadi Wamendag"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com