Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 25 Okt 2019 16:27 WIB

Budi Gunadi Usulkan Nama Bos Inalum ke Erick Thohir

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin mengaku telah mengusulkan nama pengganti dirinya sebagai Direktur Utama PT Inalum (Persero). Dirinya resmi mengundurkan diri setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang approve kan mesti Pak Menteri. Kita mengajukan usulan-usulan," kata Budi Gunadi di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Budi mengaku, sosok yang diusulkan ini tetap melanjutkan program pembangunan dan pengembangan tambang bawah tanah Freeport Indonesia. Bahkan dirinya menjamin bahwa proses divestasi saham Vale tetap berjalan dengan baik.

Hanya saja, dirinya masih enggan menyebutkan siapa sosok yang akan mengisi kursi peninggalannya di Inalum.

"Tenang, kita pasti nggak ingin itu gagal karena transaksi Vale-nya juga masih berjalan. Freeportnya juga walau sudah closing tapi kan development undergroundnya masih jalan," ungkap dia.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kartika Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin menjadi wakil Erick Thohir di Kementerian BUMN. Keduanya dikenalkan Jokowi sebagai wakil menteri BUMN di Istana Presiden, Jumat (25/10/2019) siang ini.

Jokowi bilang, kedua menteri tersebut diharapkan bisa membantu Erick Thohir mengelola ratusan BUMN yang dimiliki Indonesia. Dengan latar belakang perbankan yang dimiliki kedua sosok tersebut, Jokowi berharap BUMN mampu memberikan kontribusi lebih besar bagi bangsa dan negara.

"Kita memiliki 140-an BUMN dengan aset Rp 8.400 triliun, perlu pengelolaan yang sangat baik, pengawasan dan kontrol yang sangat baik, sehingga betul-betul jadi sebuah aset yang makin meningkat dan memberikan kontribusi ke rakyat dan negara," katanya.



Budi Gunadi Usulkan Nama Bos Inalum ke Erick Thohir


Simak Video "Ini 2 Wamen BUMN Pilihan Jokowi Untuk Bantu Erick Thohir"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com